Pemkab Karo Lakukan Antisipasi Munculnya Klaster Baru Covid-19

JABARNEWS | KARO – Libur panjang dan cuti bersama Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 dikwatirkan memicu munculnya klaster baru penyebaran Covid-19 disejumlah lokasi wisata yang ada di Sumatera Utara.

Pemerintah Kabupaten Karo dibantu tim gugus tugas penanganan Covid-19 telah menyiapkan langkah-langkah untuk mengantisipasi terjadinya klaster baru di Kabupaten Karo.

Baca Juga:  Seorang Pria Tanpa Identitas Tewas Tertabrak Kereta Api di Bekasi, Polisi Beberkan Hal Ini

Kepala BPBD Kabupaten Karo, Natanael Parangin angin mengatakan, upaya mencegah terbentuknya klaster baru Covid-19 disejumlah wisata di Karo dengan melakukan himbauan dan sosialisasi kepada pengusaha lokasi wisata dan pembagian masker gratis kepada warga dan wisatawan.

“Cegah klaster baru dengan melakukan himbauan protokol kesehatan dan pembagian masker gratis,” kata Natanael, Sabtu (2/1/2021).

Baca Juga:  Dampak Cuaca Buruk Jaringan Listrik di Ciamis Mati

Ia menjelaskan, lokasi yang rentan terbentuknya klaster baru, yakni di Penatapan, Kau Sidebu-debu, Gundaling dan air terjun Sipiso-piso. Hal itu disebabkan jumlah kerumunan massa lebih banyak terlihat dilokasi tersebut.

“Tim beberapa kali melakukan pembubaran massa dilokasi tersebut, upaya ini untuk mencegah terbentuknya klaster baru,” ucap Natanael.

Ia berharap, upaya yang dilakukan tim gugus tugas dalam.menekan penyebaran Covid-19 dapat terwujud, selain itu kesadaran pengelolaan wisata dan wisatawan yang datang untuk mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan 3 sangat diharapkan.

Baca Juga:  Curi Hewan Unggas, Buat Beli Miras Oplosan

“Kita berharap wisatawan dan pengelola wisata dalam mematuhi protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tegasnya.

Penulis: Ahmad Putra