Pentingnya Pemikiran Islam dalam Menghadapi Tantangan Dakwah di Era Industri 5.0

Fakultas Dakwah Unisba
Seminar Internasional Fakultas Dakwah Unisba dengan tema emikiran Islam dan Tantangan Dakwah di Era Society 5.0 di Auditorium Unisba, Kota Bandung, Rabu (7/6/2023). (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Pemikiran Islam dan tantang dakwah menjadi hal yang menarik untuk dikaji lebih dalam, terlebih dalam menghadapi era industri 5.0.

Dalam seminar intrnasional yang diinisasi Fakultas Dakwah Universitas Islam Bandung (Unisba) dengan tema Pemikiran Islam dan Tantangan Dakwah di Era Society 5.0 pada Rabu (7/6/2023) lalu, disebutkan bahwa di era ini teknologi mendominasi berbagai macam aspek kehidupan.

Baca Juga:  Tanamkan Pesan di Hati Para Siswa, SMK Taruna Sakti Purwakarta Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

Seperti halnya yang dikatakan Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof. Dr. Andi M. Faisal, M.A, menurut dia, ketercepatan ini pada satu sisi memberikan dampak positif dimana era modern muncul dan melahirkan digitalisasi pada setiap aspek kehidupan. Digitalisasi membuat interaksi sosial menjadi lebih dimudahkan.

Baca Juga:  Tingkatkan Fasilitas Pendidikan, Unisba Miliki Tiga Gedung Baru, Disini Lokasinya

“Orang tidak perlu khawatir lagi dengan ruang dan waktu yang terbatas. Interaksi bisa melampaui ruang dan waktu sehingga setiap orang bisa berinteraksi kapanpun dan dimanapun,” kata Prof. Andi dikutip dari pres release yang diterima, Sabtu (10/6/2023).

Baca Juga:  Gelar Wisuda Tatap Muka, Unisba Inginkan Alumni yang Tak Hanya Berilmu Tetapi Beretika

Dia mencontohkan, kasus pada saat terjadi Covid-19, setiap orang terbatasi oleh ruang dan waktu karena desakan dunia yang mengharuskan orang berdiam diri di rumah agar penyebaran virus bisa diminimalisir.