Pentingnya Pemikiran Islam dalam Menghadapi Tantangan Dakwah di Era Industri 5.0

Fakultas Dakwah Unisba
Seminar Internasional Fakultas Dakwah Unisba dengan tema emikiran Islam dan Tantangan Dakwah di Era Society 5.0 di Auditorium Unisba, Kota Bandung, Rabu (7/6/2023). (Foto: Istimewa).

Sementara itu, Dosen Fakultas Dakwah Unisba Dr. Bambang Saiful Ma’arif, Drs., M.Si berpandangan bahwa dampak dari kemajuan dunia ini memiliki implikasi besar dalam dunia dakwah, yang membuat ummat Islam mengadapi problematika kehidupan.

Strategi dakwah, sambung dia, harus mampu beradaptasi terhadap kemajuan IPTEK dan mampu melayani masyarakat sesuai dengan berbagai kondisi dan situasi yang telah berkembang dalam tradisi keagamaan tertentu.

Baca Juga:  Sikapi Tantangan dan Peluang AI, Rektor Unisba Tekankan Pentingnya Kompetensi dan Pendidikan Intelegensi

“Ekspektasi masyarkat sangat mengarapkan agar dakwah lebih memberikan tekanan kepada dakwah bil-hal. Pada level keummatan dan qaumiyah dakwah perlu menyamaikan kesejahtraan, kemakmuran dan kebahagiaan yang nilai interinsik dari tujuan dakwah kita,” ujar Dr. Bambang.

Baca Juga:  Kemenag Luncurkan Terjemahan Al-Quran Bahasa Sunda dan Palembang

Seminar dibuka oleh Dekan Fakultas Dakwah Dr. Ida Af’idah, Dra., M.Ag. Adapun dala seminar diisi oleh 3 narasumber: Prof. Dr. Andi M. Faisal, M.A (Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), Dr. Bambang Saiful Ma’arif, Drs., M.Si (Dosen Fakultas Dakwah Unisba) dan Ahmed Abdul Malik. Ph.D (Dosen Sains Islam Malaysia) yang bertempat di Auditorium Unisba.

Baca Juga:  Ingin Jadi Universitas Terkemuka di Asia, Unisba Kembali Kukuhkan Empat Guru Besar

Kegiatan ini merupakan salah satu Proker Fakultas Dakwah dan sebagai respon terhadap persoalan kebangsaan dan keumatan. Fakultas Dakwah menyadari bahwa pertumbuhan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) dunia mengalami peningkatan yang sangat pesat.