Peran Penting Pokdarwis Dalam Pengembangan Pariwisata di Purwakarta Pasca Pandemi

Ketua Forum komunikasi kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Kabupaten Purwakarta, Mochamad Aripin saat menjadi narasumber dalam kegiatan Pembinaan Kepariwisataan tingkat Kabupaten Purwakarta tahun 2022. (Foto: Gin/Jabarnews)

JABARNEWS | PURWAKARTA – Ketua Forum komunikasi kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Kabupaten Purwakarta, Mochamad Aripin menyebut, dampak dari pandemi Covid-19 untuk pariwisata dan ekonomi kreatif sangat dahsyat.

Hal tersebut diungkapkannya saat menjadi narasumber dalam kegiatan Pembinaan Kepariwisataan tingkat Kabupaten Purwakarta tahun 2022 di objek wisata Porlak Jahe Giri Tirta Kahuripan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, pada Kamis (7/7/2022).

Baca Juga:  Tinjau Tunnel 6 KCJB, Luhut : Semoga November 2022 Bisa Diujicobakan

“Sebagian besar sektor penunjang ekonomi terkena dampak dari pandemi ini, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan sektor penunjang ekonomi yang mengalami dampak yang signifikan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Waduh! Gara-gara Ini, Seorang Ibu di Tasikmalaya Tega Aniaya Anaknya yang Berusia Dua Tahun

Untuk itu, kata pria yang akrab disapa Kang Ipin itu, kelembagaan di tingkat atau Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) menjadi langkah efektif untuk meningkatkan pembangunan daerah melalui kepariwisataan dan manfaatkannya bagi kesejahteraan masyarakat sekitar.

Baca Juga:  Satgas Citarum Harum Sektor 13 Tanam Pohon Dilahan Kritis

Ia mengungkapkan berbagai peluang yang dapat dimanfaatkan masyarakat dalam mendukung pemulihan ekonomi. Langkah ini salah satunya melalui pemanfaatan sektor pariwisata dan industri kreatif.