Perlu Penanganan Tepat Untuk Anak Down Syndrome

JABARNEWS | BANDUNG – Yayasan Pusat Informasi dan Kegiatan Persatuan Orang Tua Anak dengan Down Syndrome (PIK POTADS) menggelar diskusi bertema “Kesehatan dan Pendidikan Inklusi”, di Giggle Box, Jln. Progo, Kota Bandung, Kamis (22/3/2018). Kegiatan itu digelar untuk memperingati Hari Sindroma Down Sedunia (HSDD),

“Kegiatan pada hari ini adalah bertujuan untuk memperingati HSDD, selain itu dengan berkumpul kami di sini juga untuk memberikan sosialisasi terhadap masyarakat tentang down syndrome dengan bantuan media,” kata Ketua Potads Bandung, Rina Niawati.

Baca Juga:  Istri Sunjaya, Wahyu Tjiptaningsih Terpilih Jadi Wakil Bupati Cirebon

Dia mengatakan, jika down syndrome merupakan kelainan genetik yang terjadi pada kromosom 21. Itu dapat dikenal dengan melihat manifestasi klinis yang cukup khas.

Lanjutnya, peran orang tua sebagai pendidik bagi anaknya sangatlah penting, terutama anak dengan down syndrome (ADS).

Disebutkannya, orang tua perlu mendapat intervensi terlebih dahulu sebelum menjadi pembimbing bagi anaknya.

Baca Juga:  Pasca Longsor di Jalan Cadas Pangeran, Polres Sumedang Lakukan Asesmen

“Sebelum orang tua dapat membimbing anak dengan down syndrome, alangkah baiknya jika orang tuanya diintervensi dahulu. Kenapa? Karena orang tua harus siap dan menerima terlebih dahulu jika anaknya itu memiliki kebutuhan khusus,” terangnya.

Dengan adanya penanganan yang tepat bagi anak dengan down syndrome, Rina berharap ke depan mereka dapat hidup dengan mandiri.

Baca Juga:  Cegah Kasus PMK Baru, DKPP Jabar Perkuat Pengawasan Lalu Lintas Hewan Ternak

“Harapan dari kita para orang tua yang memiliki anak dengan down syndrome adalah minimal mereka dapat hidup secara mandiri,” harapnya.

Untuk diketahui, PIK POTADS akan melaksanakan acara pentas seni “Walk for the down” di Lapangan Parkir Barat Gedung Sate pada tanggal 25 Maret 2018 mendatang dengan menghadirkan 600 ADS se-Kota Bandung. (Ted)

Jabarnews | Berita Jawa Barat