Persiapan Natal, Gereja di Purwakarta Ini Mengusung Nuansa Flores

JABARNEWS | PURWAKARTA – Di Gereja Paroki Salib Suci Purwakarta, persiapannya menjelang natal sudah hampir 100 persen. Mengusung nuansa Flores wilayah timur dipilih untuk natal tahun ini.

Salah seorang petugas dari panitia natal di Gereja Paroki, Pantun Paulus Sitanggang, persiapan sebenarnya telah dilakukan sejak 2 bulan lalu dengan terlebih dahulu melakukan rapat untuk kepanitiaan.

“Kami di gereja ini memang banyak sukunya. Kebetulan tahun kemarin mengambil dari wilayah Sumatera Utara,” ujarnya di Gereja Paroki, Selasa (24/12/2019).

Baca Juga:  Banjir Mulai Surut, Sisa Mobil Bertumpuk di Jatiasih Bekasi

Di dalam gereja yang beralamat di jalan Jalan Sudirman, Kelurahan Nagri Tengah ini, Napak di altar terlihat sejumlah kain yang berasal dari wilayah Flores menjadi hiasan-hiasan, tak hanya hiasan kain dari Flores, tampak pula sejumlah miniatur seperti miniatur kandang domba.

Baca Juga:  Ema Sumarna Sebut Angka Kekerasan Perempuan dan Anak di Kota Bandung Masih Tinggi

Berdasarkan informasi dari salah seorang jemaat Gereja Paroki, gereja tersebut telah berusia 67 tahun.

Sementara itu, Asisten Imam Gereja Paroki Salib Suci, Stanneslaus Egenius menyebut kain-kain yang ada di atas Altar berasal dari berbagai daerah di Flores, di antaranya kain Maumerre, kain Bima, dan kain Manggarai.

“Ini persiapannya terbilang dadakan. Di dalam gereja ini sengaja kami tampilkan gambar Danau Kilimutu agar kami ingat dengan daerah asal di Flores sana,” katanya seraya menyebut tema dalam natal tahun ini ialah ‘Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang’.

Baca Juga:  Soal Polemik Pungutan Pendidikan, DPRD Jabar Minta Ridwan Kamil Turun Tangan

Ketika disinggung harapan terkait natal tahun ini, Stanneslaus berharap tahun ini dapat mempersiapkan bagaimana mengasihi antarsesama manusia.

“Kami modal kasihilah Tuhan dan sesama seperti mengasihi pada diri sendiri,” harapnya. (Gin)