Pilkada, Aher: Media Harus Netral Dan Independen

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher) menyambut baik adanya deklarasi Netralitas dan Independensi Pers dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 dan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Deklarasi itu dilaksanakan oleh Dewan Pers dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Jawa Barat.

“Ini sangat baik, komitmen yang bagus, mengembalikan media akan demokrasi. Deklarasi para awak media, asosiasi wartawan, Dewan Pers, dan Bawaslu menghadirkan deklarasi supaya independensi media pada proses Pilkada,” katanya saat ditemui di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (10/04/2018).

Baca Juga:  Siap-Siap, Liga 1 Indonesia Akan Digelar Awal Maret 2020

Menurutnya, independensi dalam pemberitaan merupakan hal yang sangat penting dalam menyuguhkan pemberitaan berimbang pada moment Pilkada saat ini.

“Karena pada hari ini tentu saja kita ingin membangun masyarakat dengan berita-berita yang positif dengan metode jurnalistik. Tentu tujuannya adalah untuk informasi yang sehat. Independen harus tetap dijaga dalam konteks Pilkada ini,” ujarnya.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca Jawa Barat Hari Ini Kamis 8 Desember 2022

Aher menambahkan, sebagai salah satu sumber informasi bagi masyarakat, media harus dapat melakukan pemberitaan yang utuh. Itu sebagai bahan referensi bagi masyarakat dalam memilih pemimpin Jawa Barat kelak.

Baca Juga:  Pangandaran Diguncang Gemapa, Masyarakat Diminta Tenang

“Ketika media menghadirkan kontestasi gagasan-gagasan untuk masa depan Jawa Barat, maka itu akan menjadi cara masyarakat juga memiliki gagasan-gagasan bagus saat mereka memilih,” tambahnya. (Ted)

Jabarnews | Berita Jawa Barat