Podomoro Park Bandung Kemangkan Kawasan Pengelolaan Sampah Modern Ramah Lingkungan

Pengelolaan Sampah Modern
Wilayah perumahan Podomoro Park Bandung dikembangkan jadi Kawasan Pengelolaan Sampah Modern Ramah Lingkungan. (Foto: Istimewa).

Pengelolaan sampah yang akan dibangun tersebut selain mengusung teknologi tanpa asap dan polusi, juga tidak berbau dan minim akan kebisingan, dengan kapasitas pengolahan mencapai 30 ton sampah perhari.

“Harapannya bahwa pembangunan tempat pengolahan modern ini dapat terlaksana dengan baik dan cepat sehingga bisa beroperasi langsung dan mengurangi beban pemerintah dalam mengelola sampah domestik masyarakat yang ada saat ini,” kata Direktur Utama PT Fajar Inovasi Terpadu Muhammad Thariq di Bandung, Rabu (17/1/2024).

Baca Juga:  Ema Sumarna Pastikan Kawasan Jalan Suryani Bebas PKL

Selain pemanfaatan teknologi mesin pemakaian teknologi digital yang khusus untuk pengolahan dan pengelolaan sampah juga digunakan untuk memudahkan tidak hanya bagi penghuni kawasan Podomoro Park Bandung tetapi juga bagi para pelaku bisnis maupun tennant lain yang melaksanakan kegiatan usahanya di kawasan Podomoro Park, untuk mengetahui jumlah sampah yang telah mereka kelola dan manfaat yang diterimanya.

Baca Juga:  Polisi di Cianjur Tak Segan Tembak Gerombolan Motor yang Buat Onar dan Ancam Keselamatan Warga

Pengelolaan sampah terpadu ini juga menjadi yang pertama yang di dalam kawasan perumahan real estate menggunakan teknologi digital dalam operasionalnya, dan mampu menghitung nilai pengurangan emisi Karbon dari kegiatan pengolahan sampah sebagai salah satu upaya dalam mengurangi dampak krisis iklim, karena sampah yang dikelola tidak sampai ke Tempat Pembuangan Akhir yang memakai pola open dumping sehingga membantu meringankan beban pemerintah dalam mengatasi masalah pengelolaan sampah.

Baca Juga:  Kawanan Begal Sadis di Medan Dapat Hadiah Timah Panas

Kawasan Podomoro Park ini sendiri diharapkan mampu menjadi percontohan bagi kawasan perumahan serta masyarakat luas dalam mengelola sampah yang dihasilkan dari kegiatan setiap harinya, mendorong lingkungan sekitar menjadi kawasan perumahan modern, dan ramah lingkungan.