Serdang Bedagai Miliki 8 Truk Pegangkut Sampah, Empat Unit Kondisinya Memprihatinkan

JABARNEWS | SERDANG BEDAGAI – Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara hanya memiliki 4 unit truk pengangkut sampah yang masih beroperasi untuk mengangkut sampah berasal dari pasar tradisional dan sampah rumah tangga di sekitar perkotaan.

Kepala dinas Lingkungan Hidup, Pansean Tambunan mengatakan, Pemkab Serdang Bedagai sebelunya memiliki 8 unit truk pengangkut sampah, namun saat ini 4 unit kondisi laiinya sudah dalam kondusi rusak.

“Dulunya Ada 8, tapi 4 sudah rusak dan 4 lagi dengan kondisi berkisar antara 40 sampai 50 persen,” katanya, Senin (4/10/2021).

Baca Juga:  Berikut Ramalan Zodiak untuk Virgo Hari Ini

Baca Juga: Dua Kelompok Geng Motor Di Cirebon Bentrok, Empat Pemuda Diamankan

Baca Juga: Bantah Terima Uang Saat Pilgub Jabar, Dedi Mulyadi: Siti Aisyah Dukung Ridwan Kamil

Kata dia, 4 unit truk pengangkut sampah yang kondisinya hanya 40 sampai 50 persen, tidak mampu secara maksimal mengangkut sampah untuk dibawa ke lokasi TPA di Kecamatan Perbaungan. Terutama saat hari hujan, jalan menuju lokasi TPA mengalami kerusakan sehingga truk sampah tidak dapat masuk ke TPA.

Baca Juga: Cara Alami Membuat Wajah Glowing, Dr. Zaidul Akbar: Konsumsi Teh Ini

Baca Juga:  Soal Stok Subsidi Pupuk, Mentan: Kami Menyediakan Sembilan Juta Ton

Baca Juga: Desa Siluman, Sentra Pengrajin Mebel Di Kabupaten Subang

“Kalau hari hujan, truk sampah tidak masuk TPA, karena bila dipaksa takutnya masuk pagi, malam baru bisa keluar dari lokasi,” ucap Tambunan.

Menurut Tambunan, Serdang Bedagai harus memiliki 10 truk sampah agar bisa mengangkut jumlah sampah yang terus meningkat setaip harinya. Baik sampah dari lokasi pasar tradisional maupun sampah rumah tangga. Pihaknya sudah mengusulkan, namun di coret akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga:  Prajurit TNI Bantu Pembangunan Rumah Warga

“Seharusnya ada 10 truk sampah baru bisa mengakut sampah secara maksimal, kita sudah usulkan tapi anggarannya karena Covid-19,” bilangnya.

Terpisah, anggota Komisi A DPRD Serdang Bedagai, Longway Pakpahan mengatakan, pihaknya akan membantu penambahan angaran di dinas Lingkungan Hidup pembelian truk pengakut sampah dengan anggaran tahun 2022.

Baca Juga: Yuk Simak! Kelebihan Dan Kekurangan Dari Keempat Bahan Kerudung Pashmina Ini

“Sudah kita usulkan untuk penambahan anggaran pembelian truk sampah pada tahun 2022 mendatang,” ucapnya. (ptr)