HUT ke-76 TNI, Uu Ruzhanul Ulum Sampaikan Pesan Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Dalam rangka memperingati HUT ke-76 TNI, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum berpesan agar TNI terus dan semakin dekat dengan masyarakat. Apalagi sebagai alat negara, TNI harus terus menjaga kedaulatan bangsa.

Uu Ruzhanul Ulum juga mengapresiasi TNI yang punya andil dalam pembangunan daerah. Sebab kondusivitas adalah modal utama pembangunan, demikian juga keamanan merupakan investasi dalam pertumbuhan sebuah negara.

“Mudah-mudahan TNI semakin jaya dan hebat, semakin kuat dalam tugasnya menjaga keamanan negara,” kata Uu Ruzhanul Ulum saat peringatan HUT TNI ke-76 secara virtual bersama jajaran Forkopimda Jabar, di Lapangan Upacara Kodam III/Siliwangi, Bandung, Selasa 5 Oktober 2021.

Baca Juga:  Pemprov Jabar Gelontorkan Rp450 Miliar untuk Pembangunan di Garut, Rudy Gunawan Bilang Begini

Baca Juga: Bersimbah Darah, Pria Korban Penusukan Terkapar di Cicendo Bandung

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi TNI yang berlandaskan Pancasila dan UUD 45 konsisten menjaga keutuhan wilayah NKRI dari segala ancaman dan gangguan.

“Atas nama rakyat, bangsa, dan negara mengucapkan selamat HUT TNI ke-76, rakyat bangsa dan negara juga menyampaikan penghargaan setinggi- tingginya kepada jajaran TNI yang selalu menjadi penjaga utama kedaulatan bangsa, menjaga keutuhan wilayah NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 45, serta melindungi bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah dari segala ancaman dan gangguan,” ucap Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengingatkan bahwa hingga hari ini dunia masih terbayang -bayang pandemi Covid-19. Melawan pandemi seperti perang yang berlarut- larut, perang yang sangat menguras tenaga, pikiran, mental, dan semangat juang, perang yang butuh kewaspadaan, kecepatan, sinergi, dan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Baca Juga:  Angin Beliung Terjang Cianjur, Puluhan Rumah di Dua Desa Porak Poranda

Baca Juga: Sudah Ancang-Ancang Libur Natal dan Tahun Baru? Simak Dulu Kebijakan Pemerintah!

Dalam melawan Covid-19, lanjut Presiden Jokowi, tidak terlepas dari peran besar TNI, baik dengan kemampuan perorangan, maupun kesatuan, penerapan ilmu pengetahuan, dan teknologi.

Selain itu seiring dinamisnya peradaban, Jokowi menyebut kesigapan TNI juga harus selalu diaktifkan guna mengantisipasi spektrum ancaman yang lebih luas. Seperti pelanggaran keadaulatan, pencurian kekayaan negara, redikalisme, terorisme, ancaman biologi, termasuk juga ancaman bencana alam.

Baca Juga:  Unggul Versi Quick Count di Pilkada Indramayu, Lucky Hakim Deklarasikan Kemenangan

“Para prajurit dan purnawirawan TNI. Menghadapi spektrum ancaman yang semakin luas, transportasi pertahanan harus terus dilanjutkan untuk menetapkan fondasi untuk pembentukan kapabilitas pertahanan modern yang relevan dengan perkembangan teknologi militer terkini,” tuturnya.

Baca Juga: Tempat Wisata Garut Tutup Lagi karena Capaian Vaksinasi Rendah, Begini Penjelasannya

“Sehingga TNI dapat bertransformasi menjadi kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan di lingkungan strategis regional maupun global,” tambahnya.

Oleh karena itu, Kepala Negara menegaskan supaya kebijakan belanja pertahanan harus digeser menjadi kebijakan investasi pertahanan yang berpikir jangka panjang, dirancang sistematis dan dijalankan secara konsisten dan berkelanjutan. (Red)