Satgas Citarum Harum Bersihkan Eceng Gondok Tumbuh Subur di Waduk Jatiluhur

JABARNEWS | PURWAKARTA – Satgas Citarum Harum sektor 14, Subsektor 02 Sukasari, secara rutinitas dan intens menjaga kebersihan lingkungan baik di waduk Jatiluhur maupun tempat tempat lain di wilayah Subsektor 02 Sukasari.

Baik mulai dari pembabatan rumput, pembersihan sampah domestik hingga pengangkatan Eceng gondok yang terus tumbuh subur.

Saat musim hujan, tanaman gulma ini kerap tumbuh lebih banyak dan menutupi sebagian areal waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga: Kisah Unik Dibalik Sosok Rinay, Perempuan Pertama Yang Jadi Wasit Sepakbola Di Purwakarta

Baca Juga: Megawati Gulingkan Gusdur? Sekjen PDIP: Itu Fitnah Memantik Perpecahan

Baca Juga:  Waduh, Ade Yasin Kesal kepada Dinkes Kabupaten Bogor Gegara Hal Ini

Dansubsektor 02 Sukasari, Pelda Mahdum mengatakan, kegiatan ini dilakukan secara rutin bersama dengan warga yang tinggal di wilayah Danau Jatiluhur, untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan.

Baca Juga: Aksi Sopir Elf di Cianjur Berlanjut, Protes Maraknya Travel Gelap Diwarnai Pembakaran Ban

Baca Juga: Nasib Vaksin Nusantara: Tak Dapat Izin BPOM Hingga Belum Terhubung PeduliLindungi

“Petugas bersama masyarakat terjun langsung membersihkan eceng gondok di pinggiran Waduk Jatiluhur. Pasalnya di musim hujan seperti ini eceng gondok terus menerus tumbuh dengan cepat,” ucap Mahdum, pada Kamis 7 Oktober 2021.

Baca Juga:  Tiba-tiba Anda Susah Ereksi? Buruan Periksa, Bisa Jadi Itu Gejala Omicron

Ia mengakui, eceng gondok yang begitu cepat berkembang biak, tentu membutuhkan waktu da tenaga ekstra dalam menanganinya.

“Jika dibiarkan, keberadaan eceng gondok di permukaan air dapat menurunkan masuknya cahaya matahari yang berdampak pada turunnya kelarutan oksigen bagi hewan-hewan yang hidup di air,” ucapnya.

Selain itu, sambung dia, eceng gondok yang mati bisa menyebabkan pendangkalan.

Baca Juga: Yana Mulyana Sebut Penanganan Covid-19 di Kota Bandung Terkendali

Menurutnya, dengan dilaksanakan pembersihan di waduk Jatiluhur ini diharapkan dapat memperlancar arus air yang mengalir di waduk dan membuat pemandangan waduk Jatiluhur lebih indah.

Baca Juga:  Lagi, Polisi di Purwakarta Bagikan Nasi Kotak Pada Masyarakat

“Kami juga tak henti hentinya dan tak bosan bosannya melakukan pembinaan kepada warga yang tinggal di wilayah sekitaran danau Jatiluhur untuk terus dan tetap menjaga kebersihan,” ucapnya.

Mahdum berharap, semoga kegiatan ini dapat memberikan kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan khususnya waduk Jatiluhur ini.

Baca Juga: Wow, Kecepatan Vaksinasi di Jabar Rata-rata 285.649 Dosis per Hari

“Kami berharap masyarakat sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. Tidak membuang sampah sembarangan. Mari jaga alam, maka alam pun akan jaga kita,” ucap Mahdum. (Gin)