• Selasa, 19 Oktober 2021

Masa Tenang Pilkades, Begini Pesan Kepala DPMD Kabupaten Purwakarta

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 09:48 WIB
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Purwakarta, Jaya Pranolo.  (Gin/JabarNews)
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Purwakarta, Jaya Pranolo. (Gin/JabarNews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Purwakarta siap digelar, pada Sabtu, 16 Oktober 2021 mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta, Jaya Pranolo mengatakan, pada tanggal 13,14, dan 15 Oktober 2021 ini memasuki tahapan masa tenang. Seluruh calon kepala desa maupun tim sukses pemenangan calon kades, tidak lagi melakukan aktifitas yang berbau kampanye.

Dalam masa tenang ini, kata Jaya, seluruh atribut peraga kampanye harus ditertibkan oleh Panwas desa yang bekerjasama dengan tim pemenangan calon kades masing-masing.

Baca Juga: Kemendes Latih Calon Transmigran untuk Food Estate Kapuas

"Karena 574 calon kepala desa telah selesai melaksanakan kampanye Pilkades serentak, pada 10, 11 dan 12 Oktober 2021 kemarin. Kita sudah pantau, masing-masing Panwas Pilkades di 170 desa telah menertibkan seluruh alat peraga kampanye di lapangan," ucap Jaya, saat dihubungi melalui telepon selulernya, pada Rabu 13 Oktober 2021.

Saat ini, sambung dia, Panitia Pilkades di 170 desa yang menggelar Pilkades, sedang mempersiapkan dan menyampaikan surat undangan Pilkades, termasuk alat kelengkapan di tempat pemungutan suara (TPS).

Menurutnya, masing-masing panitia Pilkades di 170 desa yang akan menggelar Pilkades Serentak, sedang sibuk mempersiapkan surat undangan untuk disampaikan kepada masyarakat desa serta menyiapkan 1.172 lokasi TPS.

Baca Juga: Gondol Helm Seharga Rp1,2 Juta di Depan Gereja HKBP Resort Tasikimalaya, Pencuri Sangat Santuy

"Kami sudah instruksikan kepada masing-masing panitia Pilkades, sehari menjelang pelaksanaan Pilkades Serentak, seluruh persiapan termasuk surat suara, alat kelengkapan di TPS harus sudah siap. Sehingga pada hari pencoblosan, masyarakat sudah bisa datang menyalurkan hak suaranya dalam menentukan pemimpin di desanya masing-masing," tutur Jaya.

Jaya mengimbau, seluruh calon Kades maupun tim sukses pemenang masing-masing calon Kades, untuk dapat menjaga situasi Kamtibmas menjelang pelaksanaan Pilkades Serentak khususnya di tengah tengah masyarakat desa umumnya tingkat Kabupaten Purwakarta.

Halaman:

Editor: Rian Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X