Petaka Saat Susur Sungai, 11 Siswa MTs Harapan Baru Pesantren Cijantung Ciamis Tewas

JABARNEWS | CIAMIS – Petaka terjadi dalam kegiatan susur sungai yang digelar MTs Harapan Baru, Pesantren Cijantung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Sebanyak 11 siswa MTs Harapan Baru dilaporkan menjadi korban tewas dalam kegiatan tersebut. Mereka tenggelam di Sungai Cileueur, Cijeunjing, Ciamis, Jumat 15 Oktober 2021.

“Yang kena musibah, dinyatakan meninggal dunia ada 11 orang. Terdiri dari delapan laki-laki dan tiga perempuan,” ujar Bupati Ciamis Herdiat Sunarya yang memantau langsung pencarian para korban.

Baca Juga: Polres Cimahi Siap Terapkan Digitalisasi Registrasi Kendaraan, Mutasi Bisa Lewat Aplikasi

Baca Juga:  Double Kostum Oknum ASN

Mewakili Pemkab Ciamis, Herdiat Sunarya pun menyampaikan duka cita atas insiden kematian 11 siswa MTs Harapan Baru Ciamis tersebut.

Setelah menanyakan kepada pihak sekolah, dia menyebutkan bahwa kegiatan susur sungai di Sungai Cileueur itu diikuti oleh 150 peserta. Sementara jumlah siswa yang kembali ada 139 orang.

Herdiat Sunarya pun menyatakan bahwa kegiatan susur sungai tersebut sudah rutin digelar oleh pihak sekolah. “Sebetulnya rutin dilaksanakan MTs Harapan Baru di Pesantren Cijantung Ciamis,” ujarnya.

Baca Juga: Pilkades Purwakarta, RSUD Siapkan Psikiater Untuk Cakades Depresi

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Bau Bangkai Tikus Di Rumah, Bisa Pake Bubuk Kopi

Menurut dia, kondisi air di Sungai Cileueur sebetulnya tenang di permukaan. Namun, di lokasi itu terdapat pertemuan arus sungai yang kemungkinan di bawahnya terdapat arus pusaran air.

“Cuma itu muara dua aliran sungai di depan mentok ada putaran air di dalam. Sebelas jenazah yang ditemukan itu dalam satu titik,” tutur Bupati Ciamis.

Semua korban meninggal dunia ditemukan di satu titik, yakni di muara. Selain korban tewas, ada dua korban yang dilaporkan kritis dan saat ini dirawat di RSUD Ciamis. 

Baca Juga:  Bahaya, 7 Perguruan Tinggi Negeri Terkena Paham Radikal

Baca Juga: Desk Collection Pinjol Digaji Rp20 Juta Sebulan, Dapat Tempat Tinggal dan Akomodasi, Ini Tugasnya

Salah seorang korban yang dirawat merupakan guru MTs Harapan Baru. “Ada guru yang kebetulan ikut menolong dan tenggelam, sekarang masih dirawat,” kata Herdiat Sunarya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, berikut daftar nama korban meninggal dalam kegiatan susur sungai di Sungai Cileueur yang diadakan MTs Harapan Baru, Pesantren Cijantung tersebut.

Aldo, Fatah, Candra Rizki, Alfian, Khansa, Dea Rizki, Aditya, Kafka, Fahrur, Fadzri, dan  Siti Zahra.***