Kisah Tim Polo Air Jabar: 56 Tahun Menanti Mendali Emas PON

JABARNEWS | BANDUNG – Pagelaran pesta Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua memang menghadirkan kesan tersendiri bagi Jawa Barat. Tak hanya menjadi juara umum, pada PON XX Papua ini juga tim Polo Air Jabar juga kembali mendulang kejayaannya setelah meraih mendali emas.

Bagaimana tidak, sebuah penantian yang cukup panjang selama 56 tahun sejak terakhir tim Polo Air Jabar meraih medali emas PON di tahun 1962 di Bandung.

Tim Polo Air putra Jabar berhasil merebut medali emas PON XX Papua 2021, setelah di partai puncak mengalahkan juara bertahan DKI Jakarta 8-5, dalam laga di Stadion Akuatik, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura.

Baca Juga: Duh! 23 wisatawan Terjebak Eceng Gondok Selama Enam Jam di Waduk Jatiluhur

Baca Juga: Lantik 170 Kepala Desa, Anne Ratna Mustika: Partisipasi Pilkades di Purwakarta Cukup Tinggi

Meski sempat tertinggal tiga gol di awal babak pertama, tim Polo Air Jabar berhasil memasukan bola pertama ke gawang DKI cukup membuat pemain DKI emosinya labil, sehingga satu persatu Jabar bisa menyusul.

Baca Juga:  Cara Memilih Hewan Kurban, Ada Lima Kriteria

“Semangat pemain juga dirasakan semakin meningkat ketika Gubernur Jawa Barat pak Ridwan Kamil dan ibu hadir untuk mendukung langsung tim Jawa Barat, saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memdukung dan membantu,” kata Pelatih Kepala Tim Polo Air Putra Jabar Henry Marciano Raditya.
 
Sementara itu, Ketua Harian PRSI Jabar Muhammad Farhan mengaku puas dan salut atas capaian tim Polo Air Jabar. Menurutnya, sebuah sejarah Polo Air tercipta dari generasi emas Polo Air Jabar di PON XX Papua.

Baca Juga: Tekan Kasus Covid-19, Ini yang Dilakukan Polisi di Serdang Bedagai

Baca Juga: Buntut Miras Oplosan yang Tewaskan Lima Pemuda di Tasikmalaya, Ade Sugianto Bakal Panggil Seluruh Camat

“Generasi emas di capai dengan kerja keras apalagi tim ini menjalankan proses latihan yang tidak mudah di era pandemi Covid-19 seperti saat ini,” Muhammad Farhan di Bandung, Senin 18 Oktober 2021.

Baca Juga:  PCNU Garut Berharap Demiz Lanjutkan Program 1000 Kobong Pesantren

“Beberapa kali proses latihan terpaksa harus dihentikan sementara karena masalah pandemi, memerlukan konsentrasi 2 sampai 3 kali lipat untuk tetap bisa menjaga kondisi kesehatan atlet tetap baik, untuk itu kami selalu berkordinasi dan bekersasama dengan KONI Jawa Barat,” tambahnya.
 
Muhammad Farhan menyebut, keberhasilan tim Polo Air Jabar juga tidak lepas dari peran dan paningkatan kualitas perangkat pertandingan lainnya yang ada di Jabar. Antara lain wasit dan tim meja sekretariat, sehingga kegiatan dimasa persiapan seperti simulasi pertandingan dan pembinaan dapat berjalan dengan baik.

Baca Juga: Polisi Dihadang Warga saat Tangkap Pengedar Narkoba di Labuhanbatu, Ini Kronoginya

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Hari Ini: Sejumlah Kota Besar di Indonesia akan Diguyur Hujan Deras Disertai Petir
 
Selanjutnya, ucap Muhammad Farhan, PRSI Jabar segera akan melakukan evaluasi dari program pembinaan yang telah dijalankan hingga saat ini.

Baca Juga:  Kejati Jabar Tetapkan Tiga Tersangka Dugaan Korupsi PDAM Karawang

“Sehingga kami dapat terus meakukan perbaikan program pembinaan kedepan sesuai yang sudah dicanangkan oleh ketua umum PRSI Jawa Barat ir. Verdia Yosef, Aquatic Jawa Barat menuju prestasi dunia pada tahun 2032,” tandasnya.

Adapun susunan tim Polo Air Jabar di ajang PON XX Papua ini yaitu:

Baca Juga: Tidak Ada Kasus Baru, Kota Depok Bebas Covid-19? Ini Kata Mohammad Idris

Baca Juga: Keren! Jawa Barat Bakal Punya Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia, Ini Lokasinya
 
Manager Tim : R Tendy Suwarman, SH
Pelatih Kepala : Henry Marciano Raditya
Assisten Pelatih : Otep Bhaskara
 
1.  Mochammad Rafi Alfariz
2.  Muhamad Hamid Firdaus
3.  Made Agung Dwicahya Arsana Putra
4.  Muhammad Alwi Irhash
5.  Muhammad Fadhil Putra Komara
6.  Muhammad Zein Dzaki Julian
7.  Revanza Rizky Rahman
8.  Aldy Ramdhani
9.  Regi Mulya Ramdhani
10. Brandon Zefanya Graciello
11. M Zenastian Dwi Anandika Zidane
12. Zaenal Arifin
13. Gilang Nabhil Saputra.***