• Sabtu, 27 November 2021

Sudah Tahu Belum? Ternyata Puskesmas Punya Layanan Kejiwaan

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 07:30 WIB
Ilustrasi puskesmas.  (Rian/JabarNews)
Ilustrasi puskesmas. (Rian/JabarNews)

JABARNEWS | BANDUNG - Tidak banyak masyarakat yang tahu bahwa puskesmas selama ini memiliki layanan kejiwaan. Tidak dapat dipungkiri, pandemi Covid-19 tidak saja mengganggu kesehatan fisik tapi juga psikis masyarakat.

Oleh karena itu, sosialisasi dan edukasi puskesmas memiliki layanan kejiwaan penting guna menghindari praktik pemasungan kepada orang depresi dan stres yang saat ini masih ditemukan di tengah-tengah masyarakat.

Menurut Asisten Pemerintahan Hukum dan Kesejahteraan Sosial Sekda Provinsi Jabar Dewi Sartika mengatakan, Pemda Provinsi Jabar mendukung akselerasi akses, layanan, dan kualitas kesehatan jiwa bagi masyarakat melalui puskesmas di masa pandemi Covid-19. Ini sudah sesuai Perda 5/2018 tentang Penyelenggaraan Kesehatan Jiwa.

Baca Juga: 11 Santri Tewas di Ciamis saat Susur Sungai, BPDB Surati Sekda Kota Kabupaten se-Jawa Barat, Ini Isinya

Baca Juga: Ridwan Kamil Paparkan Arah Ekonomi Jabar Pasca Pandemi Covid-19, Ini Poinnya

“Peningkatan layanan kesehatan jiwa perlu disadari secara bersama sebagai sesuatu yang sangat urgen, khususnya yang berkaitan dengan pemulihan kesehatan jiwa pasca-pandemi Covid-19. Karena kesehatan jiwa sama pentingnya dengan kesehatan fisik,” kata Dewi Sartika dalam Peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia Tahun 2021 dengan tema 'Mental Health For All : Let's Make it Reality', Senin, 18 Oktober 2021.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan mencatat kasus kesehatan jiwa seperti depresi dan kecemasan dalam masa pandemi Covid-19 melonjak tajam. Sebanyak 60 persen mengalami gejala depresi dan lebih dari 40 persen disertai ide bunuh diri.

Baca Juga: Cegah Penipuan, Bank Bjb Terapkan Sistem Anti Fraud Guna Lindungi Nasabah

Baca Juga: Ratusan Juta Raib dalam Pembobolan Mesin ATM di Tasikmalaya, Begini Modusnya

“Ide bunuh diri adalah ekses dari keadaan penyakit yang sulit dikendalikan,” kata Kepala Subdirektorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular kesehatan jiwa dewasa dan Lansia Kemenkes RI Rahbudi Helmi.

Halaman:

Editor: Rian Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sempat Ricuh, Kapolda Sumut Tinjau Pilkades di Dairi

Sabtu, 27 November 2021 | 12:48 WIB
X