• Senin, 29 November 2021

Kades Petahana Banyak yang Kalah, Perombakan Perangkat Desa di Purwakarta Mulai Mencuat

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 10:24 WIB
Ketua DPC APDESI Kabupaten Purwakarta, Dasep Sopandi.  (Gin/JabarNews)
Ketua DPC APDESI Kabupaten Purwakarta, Dasep Sopandi. (Gin/JabarNews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Ganti Kades ganti perangkat desa seolah-olah menjadi tradisi saat pergantian kepemimpinan di tingkat desa, terutama jika kades petahana kalah. Maka sudah jelas perangkat masa kepemimpinan yang kalah bakal dipangkas, gembar gembor tersebut terhembus di Kabupaten Purwakarta.

Pasca perhelatan Pilkades Serentak di Kabupaten Purwakarta, disinyalir akan melakukan perombakan (Reshuffle) pada perangkat desa yang Kades petahana alami kekalahan.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Purwakarta, Dasep Sopandi menilai, pergantian perangkat sah-sah saja akan tetapi kalau ada jabatan tertentu yang potensial kepemimpinan desa musti dipertahankan dan diperhatikan.

Baca Juga: Begini Tips Memilih Laptop Bagi Pelajar,  Perhatikan Poinnya Agar Tidak Salah

Baca Juga: Kisah Pilu Amin Ikhsan, Mantan Atlet Nasional Gymnastic Asal Kota Bandung

"Perombakan perangkat desa bisa saja terjadi, terutama pada Kades yang baru terpilih. Memang tidak ada yang salah, dan itu hak prerogatif kades," ucap Dasep, pada Selasa, 26 Oktober 2021.

Ia mengaku khawatir jika perombakan besar-besaran tersebut akan menjadi konflik internal hingga berimbas pada kinerja pemerintahan desa jika dalam proses perombakan tersebut tidak sesuai dalam aturan.

Baca Juga: Ternyata Ini Kebaikan Dari Memaafkan Masa Lalu yang Pernah Terjadi

Baca Juga: Serdang Bedagai Berstatus PPKM Level 3, Darma Wijaya Ingatkan Warganya Disiplin Protokol Kesehatan

"Secara pribadi saya khawatir ini akan berdampak pada kondusifitas internal terlebih proses perombakannya tidak sesuai aturan," jelas pria yang akrab disapa Apih Dasep itu.

Halaman:

Editor: Rian Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X