Hasil Tes Acak PTM di Kota Bandung, 229 Orang Dinyatakan Positif Covid-19

JABARNEWS | BANDUNG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Jawa Barat mencatat kasus terkonfirmasi Covid-19 dari tes acak pada pembelajaran tatap muka (PTM) di berbagai sekolah setempat naik menjadi sebanyak 229 orang.

“Sejauh ini sudah ada 7.511 orang yang dites. Dari jumlah tersebut 229 orang dinyatakan positif, 6.755 orang negatif, dan sisanya belum keluar hasil,” ujar Ahyani Raksanagara, Kepala Dinkes Kota Bandung, Jumat 29 Oktober 2021.

Ia mengatakan dari jumlah sekolah yang sudah dilakukan pemeriksaan ada 196 sekolah, sedangkan yang sudah keluar hasilnya itu baru dari 182 sekolah.

Baca Juga:  Detik-detik Ganti Tahun, 73 Anggota Polres Kabupaten Tasikmalaya Naik Pangkat

Baca Juga: Bima Arya Tunjukan Bus Trans Pakuan Pengganti Angkot di Kota Bogor, Begini Penampakannya

Baca Juga: Cara Menata Bunga di Rumah Agar Lebih Indah, Simak!

Dari 229 orang yang dinyatakan positif itu, 214 orang di antaranya merupakan siswa dan 15 orang lainnya guru. Adapun sekolah yang dilakukan pengetesan itu terdiri dari berbagai tingkat pendidikan mulai dari SD, SMP, hingga SMA atau SMK.

Baca Juga: Ini Dia Dampak Buruk Terlalu Banyak Mengkonsumsi Micin Menurut dr. Saddam Ismail

Baca Juga:  Sejumlah Makam di Bandung Dibongkar Keluarga, Satgas Soroti Vonis Covid-19 RS

Baca Juga: Jokowi Mania Dukung Ganjar Pranomowi di Pilpres 2021, Munculkan Tagline Ini

Meski kini ada ratusan orang yang dinyatakan Covid-19 dari kegiatan PTM, namun menurut Ahyani seluruh orang yang positif itu tidak mengalami gejala apapun atau OTG.

Adapun dari 182 sekolah itu, kata Ahyani, 47 sekolah di antaranya memiliki persentase terkonfirmasi Covid-19 melebihi 5 persen. Angka persentase itu merupakan perbandingan jumlah kasus pada suatu sekolah dengan jumlah siswa yang ikut PTM secara keseluruhan di sekolah tersebut.

Baca Juga:  Jangan Melamun, Nanti Bisa Seperti Wanita Ini

Sehingga 47 sekolah itu berpotensi tidak melanjutkan sementara PTM dan kembali ke sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pasalnya dalam ketentuan, sekolah yang memiliki tingkat Covid-19 di atas 5 persen maka harus menghentikan PTM.

Ahyani mengatakan, tidak menutup kemungkinan angka terkonfirmasi Covid-19 dari PTM itu kembali bertambah. Pasalnya sejauh ini masih ada 14 sekolah yang belum keluar hasil tesnya.

Baca Juga: Edarkan Narkoba, Janda Asal Tebing Tinggi Ditangkap Polisi

“Kita pun terus melakukan pengetesan dan pelacakan guna mencegah penyebaran sejak dini,” kata dia. ***