• Senin, 6 Desember 2021

Banyak Masyarakat Sengsara Karena Pinjol, Jokowi Diminta Kembalikan Peran Koperasi Sebagai Penyelamat Rakyat

- Rabu, 24 November 2021 | 08:53 WIB
Ilustrasi koperasi. (Tangkap layar youtube @Koperasi Medina)
Ilustrasi koperasi. (Tangkap layar youtube @Koperasi Medina)

JABARNEWS | BANDUNG - Ketua Alumni Muda Unpad Fuad Rinaldi menilai proyek membangun Koperasi tidak kalah penting dengan proyek infrastruktur. Menurutnya, koperasi berbasis Komunitas dan kebutuhan masyarakat adalah hal yang mendasar.

"Hemat saya ketika koperasi berbasis komunitas tersebut cukup kuat kenapa tidak melakukan ekspansi keanggotaan menjadi lebih luas lagi cakupannya," kata Fuad kepada wartawan di Kota Bandung, Rabu 24 November 2021.

Fuad menjelaskan bahwa ketika koperasi menjadi soko guru perekenomian masyarakat Indonesia, mungkin hari ini tidak akan diserang dengan maraknya pinjaman online (pinjol) yang sangat tidak bertanggung jawab.

Baca Juga: Lima Lokasi di Kota Bandung Ini Diusulkan Jadi Tempat Pengolahan Sampah DAS Citarum

Baca Juga: DPRD Jabar Sebut PT KAI Menyalahi Aturan Proses Penggusuran Rumah di Jalan Anyer Dalam Kota Bandung

"Banyak masyarakat terjerat hutang pinjol bahkan banyak korbannya sampai memutuskan bunuh diri. Fenomena seperti ini saya pikir tidak boleh dianggap enteng dan menganggap bunuh diri menjadi masalah yang sangat personal," jelasnya.

Oleh karena itu, Fuad menyebut bahwa pemerintah harus lebih keras lagi dalam bekerja memberikan suatu ekosistem yang baik buat masyarakat menengah kebawah dalam hal pembangunan berjangka ekonomi mereka.

Baca Juga: Ridwan Kamil Tawarkan Potensi Rebana dan Kopi Jabar ke Dubes Ukraina

Baca Juga: Berawal dari Masak Telur, Si Jago Merah Ngamuk hingga Ratakan Rumah di Purwakarta

"Sehingga ini juga yang menjadi faktor bahwa pemerintah tidak ingin rakyatnya tercebak di dalam masyarakat yang masuk pada fase middle income trap," tuturnya.

Halaman:

Editor: Rian Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X