Oded M Danial Berikan Anugerah Budaya kepada 24 Orang Seniman dan Budayawan

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memberikan Anugerah Budaya kepada 24 orang seniman, budayawan, dan lembaga yang telah berkontribusi dan mengharumkan nama Kota Bandung.

Penghargaan tersebut secara langsung diserahkan oleh Wali Kota Bandung, Oded M. Danial dalam acara Anugerah Budaya Kota Bandung Tahun 2021 di Hotel Savoy Homann, Minggu 28 November 2021.

Mereka di antaranya yaitu Agung Hujatnika (Kurator Seni Rupa), Arahmaiani (Pelukis), Asep Gurmawan (Revitalisasi Penca), Bandung Death Metal Sindicate (Music Kontemporer), Budi Riyanto (Kartunis Sunda).

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Tubuh Mudah Memiliki Bekas Luka

Baca Juga: Ramalan Zodiak 28 November 2021: Aries, Weekend Ini Waktunya Untuk Bersantai

Fathul A. Husein (Sutradara Teater), Ferry Curtis (Music Balada), Jayagiri (Perlengkapan Outdoor), Karim Suryadi (Pengamat Komunikasi Politik), Komunitas Iket Sunda (Pakaian Tradisional).

Baca Juga:  Demi Kebugaran Tubuh, Begini Tips Hidup Sehat Untuk Mahasiswa

Kemudian Komunitas Karinding Attack (Music Kontemporer), Lili Suparli (Karawitan Sunda), Lotek Kalipahapo (Kuliner), Mimin Mintarsih (Public Speaking), Perguruan Pusat Tarung Drajat (Bela diri).

Baca Juga: Tiga Cara Mudah Menghilangkan Rasa Mual di Rumah

Baca Juga: Kenali Tiga Dampak Negatif Matahari yang Penting Kalian Perhatikan

Rumah Baca Buku Sunda (Perpustakaan Sunda), Soeria Disastri (Sastra), Supardiyono Sobirin (Lingkungan), Taufik Futurohman (Bahasa/Sastra), Teddy Kardin (Teknologi Tradisional).

Tien Wartini (Manuskrip), Wanadri (Komunitas Pecinta Alam), Wakasrul (Sandiwara Sunda), dan Yan Achiemsa (Pop Sunda).

Oded mengungkapkan, Anugerah Budaya ini sebagai bentuk apresiasi Pemkot Bandung kepada para pelaku, tokoh, praktisi seniman dan budayawan yang telah memberikan sumbangsih pemikiran, prestasi, inovasi dan kreatifitas terhadap kemajuan budaya di Kota Bandung.

Sehingga mereka layak untuk mendapatkan anugerah berdasarkan kiprah, karya, dan karsanya yang telah dikenal masyarakat.

Baca Juga:  Untuk Menurunkan Berat Badan, Jenis Buah Ini Cocok Kalian Konsumsi

Baca Juga: Erick Thohir Bocorkan Dugaan Kasus Jual Beli Jabatan di BUMN, Said Didu Berikan Komentar Menohok

Baca Juga: Ini Manfaat Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh Ibu Hamil

“Tapi saya mohon maaf dari sekian banyaknya seniman dan budayawan tapi kita hanya memberi ke 24 orang, karena keterbatasan. Tetapi Mang Oded sangat mengapresiasi seluruh seniman dan budayawan,” ungkapnya.

Melalui anugerah ini pula Oded berharap semoga bisa menjadi pemicu semangat untuk para penerimanya agar terus berkiprah dan berkarya.

Baca Juga: BMKG Sebut 13 Wilayah di Jabar Rawan Banjir, Masyarakat Diminta Waspada

Baca Juga: Jangan Asal! Ini Tanda Kamu Belum Siap Menikah

“Budaya dan seni di Kota Bandung mari kita indahkan bersama,” serunya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari mengatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan yang telah berlangsunh sejak tahun 2006. 

Baca Juga:  Terlalu! Beredar Akun Facebook Palsu Pakai Nama Bupati Purwakarta

Hingga saat ini, Pemkot Bandung telah memberikan Anugerah Budaya kepada 165 orang budayawan dan seniman.

“Ini sebagai bentuk apresiasi atas karya seniman dan budayawan yang telah mengharumkan nama Kota Bandung baik secara nasional, regional maupun internasional,” tuturnya.

Baca Juga: Ratusan Warga Pematangsiantar Ikuti Vaksinasi Massal Covid-19

Baca Juga: Begini Tanda Jika Kamu Belum Siap Menjalin Hubungan Baru

Sebelum ditetapkan penerima anugerah budaya, mereka terlebih dulu diseleksi oleh 5 orang juri yang terdiri dari berbagai unsur yang berkompeten dalam bidangnya masing-masing.

“Biasanya ada 10 penerima anugerah tapi untuk tahun ini ada perubahan yaitu untuk 24 orang penerima anugerah,” ungkap Kenny. (Yan)