BMKG Sebut 13 Wilayah di Jabar Rawan Banjir, Masyarakat Diminta Waspada

JABARNEWS | BANDUNG – Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Bandung Teguh Rahayu menyebut, ada 13 wilayah kabupaten dan kota di Jawa Barat yang rawan dan berstatus waspada banjir hingga banjir bandang saat turun hujan akhir November.

Dia mengatakan, ke-13 wilayah rawan banjir tersebut berdasarkan prakiraan cuaca berbasis dampak atau Impact-Based Forecast (IBF) dengan memperhitungkan potensi dampak yang akan terjadi akibat dari cuaca.

“Analisis dari kondisi atmosferik global hingga lokal menunjukkan adanya aktivitas pertumbuhan awan konvektif di wilayah Jawa Barat pada umumnya. Sehingga kejadian hujan di wilayah Jawa Barat mulai meningkat,” kata Teguh dikutip dari jabarekspres.com, Minggu 28 November 2021.

Baca Juga:  Ini Tandanya Jika Pacar Punya Niat Serius Dalam Hubungan Asmara

Baca Juga: Jangan Asal! Ini Tanda Kamu Belum Siap MenikahL

Baca Juga: Ratusan Warga Pematangsiantar Ikuti Vaksinasi Massal Covid-19

Adapun 13 wilayah itu yakni, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Kuningan, dan Kabupaten Indramayu.

Berdasar prakiraan, banjir di sejumlah kota atau kabupaten tersebut berpotensi terjadi mulai Sabtu 27 November 2021. Sedangkan untuk Kabupaten Indramayu, banjir tersebut berpotensi terjadi mulai Minggu 28 November 2021.

Baca Juga:  Wow! Ini Dia Tiga Manfaat Jagung Ungu Bagi Kesehatan Tubuh

Baca Juga: Begini Tanda Jika Kamu Belum Siap Menjalin Hubungan Baru

Baca Juga: Nilai Tukar Pertanian di Jabar Turun, Ini Kata DPRD Jabar

BMKG meminta sejumlah pihak terkait agar mengantisipasi sejumlah dampak terkait adanya potensi banjir di 13 wilayah kota atau kabupaten tersebut.

Selain banjir atau banjir bandang, bencana tanah longsor pun berpotensi terjadi pada musim hujan pada akhir November.

“Karena mulai terjadi aktivitas pertumbuhan awan konvektif, peluang terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Jawa Barat bertambah sehingga potensi terjadinya tanah longsor meningkat,” tuturnya.

Baca Juga:  Hari Pahlawan: Gambar Ismail Marzuki Ditampilkan di Google Doodle, Ini Profilnya

Untuk itu, teguh mengimbau kepada masyarakat agar tetap mewaspadai potensi adanya bencana alam tersebut guna menghindari dampak kerusakan yang juga berpotensi timbul.

Baca Juga: Dishub Serdang Bedagai Periksa Ratusan Kenderaan di Jalinsum, Ada Surat Vaksin Boleh Lewat

Baca Juga: Tiga Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Setelah Makan, Salah Satunya Gosok Gigi

“Masyarakat tetap tenang dan waspada. Berhati-hati ketika beraktivitas di luar rumah dan mengurangi kegiatan di luar apabila tidak penting,” tandasnya.***