Puluhan Tempat Sampah Didistribusikan Satgas Citarum Harum di Kecamatan Jatiluhur, Ini Tujuannya

JABARNEWS | PURWAKARTA – Puluhan tempat sampah yang diperuntukan bagi tempat-tempat publik di wilayah Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, didistribusikan jajaran Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum Sektor 14/Jatiluhur bersama PT Indorama dan PT Win Textile, sebagai upaya mendukung tetap terjaganya kebersihan lingkungan.

Dansektor 14 Citarum Harum, Kolonel Inf Abdullah, mengatakan, Program strategis nasional Citarum Harum akan terus berjalan hingga tahun 2023 mendatang.

Untuk mendukung hal itu, lanjut dia, sejumlah kegiatan terus menerus dilakukan oleh pihaknya bersama stakeholder terkait. Termasuk melibatkan sejumlah perusahaan yang ada di wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) tersebut.

Baca Juga:  Harapan PDI-P Purwakarta, Koalisi Sahate Lahir Kembali

Baca Juga: Waspada! Ini Dia Tiga Efek Samping Setelah Sembuh Dari Demam Berdarah

Baca Juga: Sopir Bus Asal Jakarta Tewas Dibunuh di Medan, Ini Motif Peluku

“Kegiatan ini dalam rangka mendukung program Citarum Harum, salahsatu diantaranya yang terpenting adalah kita harus bisa tetap menjaga kebersihan lingkungan,” ucap Kolonel Abdulallah, pada Kamis, 2 Desember 2021.

Baca Juga: Enam Penyebab Terumbu Karang Rusak, Salah Satunya Akibat Pembangunan

Baca Juga: Sempat Ribut dengan Korban, Komplotan Pencuri Motor Spesialis Honda Beat Diamankan

Menurutnya, membersikan lingkungan tidak cukup hanya dengan menyampaikan pesan begitu saja, tetapi harus ada sarana prasarana yang memadahi.

Baca Juga:  Purwakarta Kini Miliki Universitas Kartamulia

“Alhamdulillah, Satgas Citarum Harum Sektor 14 bisa memberikan bantuan beberapa sarana kebersihan seperti tempat sampah untuk fasilitas umum,” tutur Dansektor 14.

Kolonel Abdullah menambahkan, sarana kebersihan tersebut langsung distribusikan untuk tempat-tempat ibadah seperti Masjid, Musola dan Gereja serta tempat umum yang berpotensi menjadi tempat pembuangan sampah rumah tangga.

“Kami juga akan mendistribusikan kepada pemilik rumah makan yang berada di sekitar Waduk Jatiluhur dengan pengawasan yang akan dibantu oleh Kepala Desa setempat agar tetap terjaga dan terawat,” harapnya.

Baca Juga:  Polisi Selidiki Kasus Dugaan Penipuan IPDN yang Melibatkan Anggota DPRD Purwakarta

Baca Juga: Pemkab Purwakarta Maksimalkan Serapan APBD Hingga Akhir Tahun, Ini Alasannya

Kolonel Abdullah juga berpesan agar masyarakat tetap disiplin membuang sampah pada tempatnya. Sehingga dapat tercipta lingkungan yang bersih dan sehat terutama bagi masyarakat yang berada sekitar bantaran Sungai Citarum.

“Karena menjaga kebersihan itu juga sebagian dari iman. Kami juga mengucapkan terimakasih atas kerjasama semua pihak, terkhusus kepada PT Indorama, PT Win Textile dan seluruh elemen masyarakat yang telah mendukung program Citarum Harum,” ucap Kolonel Inf Abdullah. (Gin)