39 Organisasi Pengelola Zakat Terjun Tangani Korban Erupsi Gunung Semeru

JABARNEWS | BANDUNG – Sebanyak 39 Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) Forum Zakat turun langsung untuk menangani korban Erupsi Gunung Semeru.

Erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu 4 Desember 2021 telah mengakibatkan kerusakan yang cukup parah. Diantaranya putusnya jembatan Gladak Perak, dan ratusan rumah warga tertutup material abu vulkanik.

Menurut informasi BPBD Lumajang, akibat Erupsi Gunung Semeru jumlah warga yang diungsikan melebihi 1.000, terdapat korban jiwa sebanyak 15 orang, dan 27 orang dinyatakan hilang hingga saat ini.

Baca Juga: Uu Ruzhanul UlumSebut Radikalisme dan Ketahanan Keluarga Jadi Tantangan Pemuda Hari Ini

Baca Juga: Luhut Binsar Pandjaitan Umumkan PPKM Level 3 Nataru Batal, Tapi Syarat Perjalanan Tetap Diperketat

Baca Juga:  Truk Masuk Jurang Di Purwakarta, Begini Nasib Sang Sopir

Forum Zakat sebagai asosiasi OPZ mengkoordinir anggotanya untuk cepat memberikan repson bantuan dalam menangani korban Erupsi Gunung Semeru. Tercatat pada Minggu 5 Desember 2021 terdapat sebanyak 39 OPZ yang terjun ke lokasi bencana, OPZ-OPZ tersebut berasal dari OPZ berskala nasnional, provinsi, dan kabupaten/kota yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Ketua Umum Forum Zakat Bambang Suherman menyampaikan bahwa Forum Zakat terus berkomitmen membantu pemerintah dalam setiap kejadian bencana. Salah satu yang menjadi keunggulan dari setiap OPZ anggota Forum Zakat adalah pada fleksibilitas dan kecepatan gerak khususnya dalam situasi bencana seperti ini.

Baca Juga: Manggarai Bukan Hanya Labuan Bajo, Desa-desanya Sangat Menarik

Baca Juga: Bus PO Haryanto Tabrak Truk di Tol Cipali KM 79, Satu Orang Tewas

Baca Juga:  Polisi: Perobek Al Quran di Tasik Tidak Ada Kaitan Dengan Kelompok Manapun

“Forum Zakat tentunya terus menguatkan koordinasi dan kolaborasi baik antar anggota Forum Zakat maupun dengan pemerintah dalam hal respon bencana,” kata Bambang dalam keterangannya di Kota Bandung, Selasa 7 Desember 2021.

Bambang menjamin bahwa aksi respon bencana yang dilakukan anggota Forum Zakat terus membaik dalam skema kolaborasi.

“Termasuk pada bencana erupsi Semeru ini, secara organik teman-teman OPZ anggota FOZ hadir sangat cepat ke lokasi terjadinya bencana memberikan bantuan taktis. Di lapangan, teman-teman OPZ juga menjalankan skema kolaborasi, dimana diantara mereka berbagi tugas agar proses pemberian bantuan berjalan optimal,” ungkapnya.

Baca Juga:  Laporan Hasil Test Swab di KRL Kota Bogor Mengejutkan, Berikut Hasilnya

Adapun 39 OPZ Anggota FOZ yang sudah terjun ke lokasi Erupsi Gunung Semeru yaitu Dompet Dhuafa, Yatim Mandiri, YBM BRI, IZI, LAZ Al Azhar, Laznas LMI, Rumah Zakat, PPPA Daqu, Baitul Maal Hidayatullah, YDSF, DT Peduli, MAI Foundation, LAZIS Jawa Tengah, LAZ Al Haromain, Semangatbantu.com, Solo Peduli, Sahabat Yatim, Sedekah Harian, LAZNAS Dewan Da’wah, Baitul Maal FKAM, Yatim Mandiri, Pondok Sedekah Indonesia, Global Zakat, Wadah Inspirasi Zakat, LAZIS Muhammadiyah, Nurul Hayat, LAZNAS BSM Umat, LAZ UQ, Sahabat Mustahiq, LAZ DAU Sidoarjo, BMA, LAZIS Nurul Falah, LAZ RIZKI, Mizan Amanah, Saku Yatim, BAZMA Pertamina, YASA Malang, Askar Kauny, Baitu Maal Muamalat, dan YBM PLN.***