Uu Ruzhanul UlumSebut Radikalisme dan Ketahanan Keluarga Jadi Tantangan Pemuda Hari Ini

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengungkapkan bahwa tantangan pemuda hari ini berbeda dengan tantangan pemuda di zaman generasi sebelumnya.

Menurut Uu Ruzhanul Ulum, berbagai isu mulai dari radikalisme, narkoba, hingga ketahanan keluarga menunggu para pemuda untuk berkontribusi melahirkan solusi.

Uu Ruzhanul Ulum menyebutkan, setidaknya ada lima isu utama yang menjadi tantangan terbesar para pemuda masa kini, antara lain radikalisme, perpecahan kesatuan, narkoba, lemahnya nasionalisme, hingga ketahanan keluarga.

Baca Juga: Luhut Binsar Pandjaitan Umumkan PPKM Level 3 Nataru Batal, Tapi Syarat Perjalanan Tetap Diperketat

Baca Juga: Manggarai Bukan Hanya Labuan Bajo, Desa-desanya Sangat Menarik

“Tantangan pemuda hari ini berbeda dengan tantangan pemuda sebelumnya,” kata Uu Ruzhanul Ulum saat Pelantikan dan Rapat Kerja Daerah Pengurus DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Tasikmalaya Periode 2021-2024, di Hotel Grand Metro, Jalan KHZ. Mustofa, Nagarawangi, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, Senin 6 Desember 2021.

Baca Juga:  Lima Bulan Terakhir Ini Sudah Terjadi 63 Kebakaran di Kota Bandung

“Pertama adalah radikalisme. Bukan hanya radikalisme agama, tapi ada pula radikalisme suku, kelompok, juga ormas (organisasi masyarakat),” tambahnya.

Baca Juga: Bus PO Haryanto Tabrak Truk di Tol Cipali KM 79, Satu Orang Tewas

Baca Juga: Kapolri Paparkan Langkah Jangka Pendek dan Menengah Tangani Erupsi Gunung Semeru

Uu Ruzhanul Ulum menilai isu radikalisme penting untuk disorot mengingat aksi radikalisme yang cenderung memaksakan kehendak kelompok atau pribadi yang melanggar aturan agama dan dari gama, aturan norma dan normatif, serta aturan pemerintah dan sosial kemasyarakatan.

Tantangan kedua, perpecahan kesatuan akibat ego para individu maupun kelompok. Perbedaan pendapat antara beberapa pihak juga menjadi salah satu pemicu perpecahan, semisal ego antarsuku, antar-ormas, antar -pemeluk agama, bahkan ego inter-agama dengan faksi-faksi tertentu.

Sedangkan tantangan ketiga, kata Uu Ruzhanul Ulum, adalah isu narkoba. “Dulu zaman memperjuangkan kemerdekaan tidak ada permasalahan narkoba. Tapi sekarang narkoba menjadi tantangan kita semua,” tuturnya.

Baca Juga:  Yuk! Kenali Tiga Tanda Gejala Serangan Jantung Mengintai Usia Muda

Sedangkan tantangan keempat yakni melemahnya rasa nasionalisme pada para pemuda. Untuk itu, Uu Ruzhanul Ulum berharap para pemuda dapat mengingat kembali semangat sumpah pemuda, karena memuat banyak nilai positif yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti nilai patriotisme, gotong-royong, musyawarah untuk mufakat, cinta tanah air, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan, kerukunan, kerja sama, cinta damai, serta tanggung jawab.

Baca Juga: Herdiat Sunarya Minta Pengusaha Konstruksi di Kabupaten Ciamis Harus Miliki Daya Saing

Baca Juga: Rudy Gunawan Akui Angka Kemiskinan di Kabupaten Garut Naik Selama Pandemi Covid-19

“Untuk itu, kita sebagai bangsa Indonesia tidak boleh lupa dengan semangat yang diajarkan oleh para pemuda yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, dan menjadikannya panutan dalam kehidupan bernegara,” ujarnya.

Adapun tantangan kelima, isu ketahanan keluarga. Uu Ruzhanul Ulum menilai, menurunnya nilai sakinah mawaddah wa rahmah di antara keluarga dapat memberikan dampak negatif terhadap tumbuh kembang anak-anak yang kurang kasih sayang dari orang tua, sehingga pemudanya tumbuh tanpa rasa solidaritas dan empati.

Baca Juga:  Dedi Mulyadi Haru dengan Kisah Wanita Tangguh yang Jadi Tulang Punggung Keluarga

Baca Juga: Kampung Kio di Kabupaten Bandung Ini Jadi Daya Tarik Pemberdayaan Masyarakat Desa

Baca Juga: Diintruksikan Ridwan Kamil, Team Respons Kemanusiaan Jabar Siap Bantu Korban Erupsi Gunung Semeru

Uu Ruzhanul Ulum berharap, KNPI mampu menjadi garda terdepan bagi para pemuda yang membawa ide-ide segar, pemikiran yang kreatif dan inovatif, serta memiliki daya saing dalam kancah regional dan global, sehingga dapat melahirkan solusi-solusi dari permasalahan tersebut.

“Dengan begitu, pemuda KNPI diharapkan menjadi pemimpin masa depan yang lebih baik dan berkompeten dari pemimpin masa kini, agar dapat mendorong terjadinya transformasi bangsa ini kearah yang lebih baik melalui perubahan, perbaikan dan pengembangan,” tandasnya.***