Progres Bendungan Sadawarna Subang sudah 83 Persen, Ditarget Rampung Agustus 2022

Pembangunan Bendungan Sadawarna di Kabupaten Subang. (foto: istimewa)

JABARNEWS | SUBANG – Progres pembangunan Bendungan Sadawarna yang berlokasi di Kabupaten Subang, Jawa Barat, diklaim sudah mencapai 83 persen. Dengan hasil tersebut, bendungan Sadawarna ditargetkan bisa rampung pada tahun 2022 ini.

Seperti diketahui, Bendungan Sadawarna merupakan salah satu bendungan yang tengah dirampungkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Infrastruktur tersebut bertujuan untuk mendukung ketahanan air dan ketahanan pangan nasional.

Baca Juga:  Ketua Satgas Pangan: Harga Belum Naik Signifikan

Termasuk Bendungan Sadawarna, pembangunan bendungan bertujuan untuk meningkatkan volume tampungan air sehingga suplai air irigasi ke lahan pertanian terus terjaga, serta sebagai penyediaan air baku dan pengendalian banjir.

Baca Juga:  Kronologi TKW asal Subang Ditemukan Tewas Tanpa Busana di Taiwan

“Pembangunan bendungan akan diikuti dengan pembangunan jaringan irigasinya, sehingga dengan adanya suplai air yang kontinyu dari bendungan, petani yang sebelumnya hanya satu kali tanam setahun, bisa bertambah menjadi 2-3 kali tanam,” ujar Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dikutip dalam keterangan tertulis, Selasa (31/5/2022).

Baca Juga:  Perempuan Yang Dituding Penculik Ternyata Alami Gangguan Kejiwaan

Sementara itu Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Citarum Kementerian PUPR, Bastari mengatakan Bendungan Sadawarna merupakan salah satu Program Strategis Nasional di bidang Sumber Daya Air.

Bendungan ini mampu menampung 44,61 juta meter persegi untuk menyuplai irigasi seluas 4.284 hektare di Kabupaten Subang dan Indramayu.