Ramai Postingan Pembegalan di Grup Facebook Purwakarta, Ini Tanggapan Polisi

JABARNEWS | PURWAKARTA – Belakangan ini warganet dihebohkan dengan adanya kabar adanya aksi pembegalan di kawasan Cirata. Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta.

Kabar tersebut pertama kali dibagikan oleh akun Facebook bernama Ai Siti Nurhasanah pada Kamis, 27 Mei 2021 malam dan kemudian dibagikan akun lain di beberapa grup Facebook di Kabupaten Purwakarta.

Dalam postingannya, akun tersebut membagikan sebuah gambar tangkap layar status WhatsApp yang bertuliskan :

“Assalamualaikum minta attentionnya ya! sekedar info. Kasadayana wartosan rerencangan keluargi tatanggi pokonamah sadayana wargi wargina nya kedah hati hati mun bade aangkatan luwat lewat ka cirata kamana wae komo tiwengimah soalna seeue begal nembe pisan amang abi bade kadieu kacirata dibegal panangan palebah tak takna dikadek kubedog ditanjakan anu bade jalan ka parung ceuli/jembatan merah, sasak. Begalna jiga anu tos mancing padahalmah hanya formalitas! mun tiasa mah shate deui kanu sanesna supados tiasa lebih hati hati. haturnuhun”

Baca Juga:  Pungli di SMK Negeri 5 Bandung, Tim Saber Langsung Tindak Lanjut

Sontak hal tersebut membuat keresahan para netizen yang berdomisili di Kabupaten Purwakarta.

Seperti halnya komentar yang dituliskan akun Facebook bernama Midah Peter Mey yang menuliskan kekhawatiran akan informasi tersebut.

“Pami enya mah makin hariwang wae ngalangkung mopoek kadinya teh,” tulisan pemilik akun Midah Peter Mey.

Kekhawatiran juga dituliskan akun Facebook bernama Fantri di kolom komentar posting itu.

Baca Juga:  Pembangunan Dua Jalur Transmisi Sistem Kelistrikan Rampung, KCJB Siap Melesat

“Harus ada patroli tuh, mana skrg sepi ga ada warung,” tulisnya.

Terpisah, Kapolsek Maniis, AKP Suparlan mengatakan jika kabar tersebut benar, maka akan ada laporan yang masuk ke Polsek Maniis.

“Kalau benar ada pasti akan ada laporan ke Polsek Maniis, pasalnya di setiap Desa kan ada Babinkantibmas dan Babinsa,” tutur Suparlan, saat dihubungi melalui telepon selulernya, pada Jumat (28/5/2021).

Suparlan menjelaskan, saat itu pihaknya langsung turun tangan dan menyelidiki informasi tersebut. Setelah ditelusuri ternyata informasi tersebut hoax.

“Terkait informasi viral di media sosial tentang adanya aksi begal, jajaran Polsek Maniis langsung mengambil tindakan mendalami informasi tersebut. Setelah ditelusuri, ternyata informasi tersebut tidak benar atau hoax,” ucap Suparlan.

Baca Juga:  GP Ansor Siap Dampingi Didin, Si Pemburu Cacing yang Mendekam di Penjara

Lebih lanjut Suparlan mengatakan jika postingan tersebut sudah sering ia dapati sebelumnya.

“Sudah lama saya liat postingan kaya gitu. Kalau ada kejadian seperti itu masyarakat bisa melapor ke Pos scurity terdekat atau ke Polsek terdekat,” ungkap Perwira Polisi yang pernah menjabat Kepala Satuan (Kasat) Sabhara Polres Purwakarta.

Selain itu, AKP Suparlan Juga mengimbau masyarakat untuk lebih bijak bermedia sosial.

“Kami mengimbau masyarakat untuk lebih bijak lagi dalam menyikapi informasi yang beredar di media sosial. Saring dulu informasi sebelum di-sharing. Pastikan informasinya valid,” pungkasnya. (Gin)