Ratusan Peluru Senjata Api Masih Aktif Ditemukan Di TPS

JABARNEWS | PURWAKARTA – Ratusan peluru senjata api aktif ditemukan salah seorang petugas sampah Kelurahan Tegalmunjul, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta di samping tempat pembuangan sampah warga, Kp.Rawamekar RT01/01 Kelurahan Tegal munjul, Purwakarta, Kamis (18/10/2018).

Dari informasi yang berhasil di himpun, ratusan amunisi yang ditemukan sebanyak 80 butir Amunisi Munisi Hampa Pindad Cal 5,56 MM, sebanyak 2 butir Munisi FNC Pindad Cal 5,56 MM, sebanyak 100 butir Munisi P.1 Pindad Cal 9 MM Lot 160806203085, sebanyak 50 butir Slongsong Revolver No seri 38 SPL dan sebanyak 1 set Rantai minimi.

Babinsa Tegalmunjul, Sertu Dede Rukmana kemudian membawa amunisi tersebut ke kantor Koramil 1906 Kota Purwakarta untuk jadi bahan penyelidikan bagaimana bahan peledak itu bisa sampai di tempat pembuangan sampah warga.

Baca Juga:  Manfaatkan Medsos, Mahasiswa di Jatinangor Sumedang Jadi Sasaran Peredaran Narkoba

“Penemuan amunisi aktif itu berawal dari informasi petugas pengangkut sampah, karena merasa janggal, si pengangkut tersebut kemudian melaporkan kepada kami. Mendapat laporan tersebut kami langsung ke lokasi dan membawa amunisi tersebut ke kantor kelurahan Tegalmunjul. Saat ini berada di kantor POS Koramil 1906 kota Purwakarta” ucapnya, saat ditemui dikantor Koramil 0916 kota Purwakarta.

Lanjut Dede, ratusan amunisi tersebut ditemukan petugas ketika hendak mengangkut sampah. Secara tak sengaja, mereka melihat sebuah kantong plastik yang mencurigakan. Ketika kantong plastik dibuka, terdapat ratusan amunisi yang masih aktif.

Baca Juga:  Penyaluran Bansos di Cianjur Terindikasi Ada Kecurangan, Uang Ditukar Sembako

“Ternyata kantong plastik tersebut isinya peluru aktif. Pelurunya terbungkus kantong plastik. Mungkin sudah lama karena pelurunya sudah berkarat,” ujarnya.

Dihubungi terpisah, Lurah Tegalmunjul, Muhammad Kosim membenarkan penemuan amunisi tersebut yang ditemukan oleh petugas pengangkut sampah Kelurahan Tegalmunjul.

“Iya betul, tadi petugas sampah kami, sekitar tabuh 06.30 di Tempat pembuangan sampah Rawamekar RT 01/01 Kelurahan Tegalmunjul menemukan ratusan amunisi peluru senjata api,” ungkap Kosim sapaan karibnya.

Baca Juga:  Hari Ini Pembangunan Asrama Embarkasi Haji di Indramayu Dimulai

Ia menambahkan, saat itu mobil sampah keliling menarik sampah, Rawamekar RT 01, petugas sampah menemukan amunisi yang terbungkus dalam kantong plastik. Selanjutnya petugas sampah membawanya ke kantor kelurahan.

“Kebetulan tadi Babinsa sedang ada dikelurahan. Setelah diperiksa oleh Babinsa, sepengetahuan beliau Amunisi ini adalah Amunisi milik TNI Angkatan Darat yang diproduksi oleh PINDAD. Kemudian Bhabinkamtibmas datang dan nelpon ke Polsek sehingga datanglah petugas dari Polsek Purwakarta Kota. Saat ini amunisi tersebut dibawa ke KODIM oleh Babinsa untuk diperiksa lebih lanjut,” pungkasnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat