Retak Akibat Gempa Sumedang, Kementerian PUPR Pastikan Tol Cisumdawu Aman Dilalui

Tol Cisumdawu
Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR bersama Komite Keselamatan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) melakukan inspeksi kondisi terowongan Tol Cisumdawu. (Foto: Kementerian PUPR).

Salah satu bagian penting yang diperiksa pada terowongan pascagempa adalah bagian portal terowongan yang diduga terdampak beban gempa.

“Berdasarkan hasil inspeksi awal, tidak ditemukan retakan pada permukaan beton. Pola mirip retakan beton pada terowongan tersebut merupakan tumpukan debu/kotoran yang menempel pada permukaan beton yang tidak rata, yang terlihat seolah dinding mengalami retak,” bebernya.

Baca Juga:  WNI Dilarang Masuk Israel

Selanjutnya untuk mengetahui kondisi Terowongan Cisumdawu secara keseluruhan pasca gempa, dilakukan pemeriksaan detail secara spesifik oleh Tim Ditjen Bina Marga dan KKJTJ untuk meyakinkan bahwa terowongan secara keseluruhan aman beroperasi, termasuk pasca gempa susulan (Senin, 1 Januari 2024) kemarin.

Baca Juga:  Gempa M7,4 Guncang Flores NTT, Begini Laporan BNPB

Terowongan Cisumdawu merupakan bagian dari Jalan Tol Cisumdawu yang memiliki panjang 472 meter. Lokasi terowongan terletak pada Sta. 12+628 – Sta. 13+100, Desa Pamulihan dan Desa Cigendel, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Baca Juga:  Ngeri! Sepanjang Tahun 2021, Aceh Diguncang Gempa Bumi Sebanyak 1059 Kali

Terowongan Cisumdawu termasuk dalam kriteria terowongan Khusus sebagaimana diatur dalam Permen PUPR No. 10 tahun 2022. (Red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News