Ridwan Kamil Klaim Omaba Solusi Jitu Cegah Stunting

Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil bersama Ketua TP PKK Jawa Barat Atalia Praratya Kamil mengikuti Apel Siaga TPK Nusantara Bergerak serentak di seluruh Kab/Kota di Alun-alun Kab. Subang, Kamis (12/5/2022). (Foto: Biro Adpim Jabar).

JABARNEWS | SUBANG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebutkan Program Ojek Makanan Balita atau Omaba sebagai upaya jitu dalam mencegah permasalahan tengkes atau stunting di Indonesia, khususnya di Jawa Barat.

“Masalah stunting di antaranya terkait jumlah puskesmas yang terbatas di Jawa Barat dan Indonesia, rumah dengan kondisi air tidak higienis,  pengasuhan yang kurang ilmu, plus gizi buruk,” kata Ridwan Kamil saat menghadiri Apel Siaga Tim Pendamping Keluarga Nusantara Bergerak Tingkat Nasional, di Alun-Alun Kabupaten Subang, Kamis (12/5/2022).

Baca Juga:  Ridwan Kamil: Omicron Lagi Naik Luar Biasa, Sebagian PTM Sudah Ditunda

“Maka kami mempunyai program yang diapresiasi dunia, namanya Omaba bagi yang betul-betul tidak bisa. Kita ada inovasi makanan yang dimasak oleh Tim Penggerak PKK, lalu dikirim ojeknya oleh ibu-ibu sebanyak dua porsi sehari,” tambahnya.

Baca Juga:  Sabu Hingga Obat Keras Terlarang Disita Polisi Karawang Dari 17 Kurir Narkoba

Omaba merupakan ojek yang khusus membagikan makanan sehat gratis untuk balita keluarga kurang mampu.

Omaba merupakan salah satu strategi unggulan dalam pengentasan masalah gizi buruk dan tengkes.

Baca Juga:  Duh! Hewan Ternak Terjangkit PMK di Pangalengan Merajalela, Tembus 5.605 Kasus