Ridwan Kamil Sebut 5 Poin Capaian Perlu Percepatan Penanganan DAS Citarum

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat mendampingi kunjungan dua menteri ke Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta. (Foto: Gin/Jabarnews)

JABARNEWS | PURWAKARTA – Ada lima poin capaian perlu percepatan dalam penanganan DAS Citarum, yaitu program penanganan air limbah domestik, pengelolaan persampahan, penanganan limbah industri, pengendalian pemanfaatan ruang dan penegakan hukum.

Hal tersebut diungkapkan, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat mendampingi kunjungan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Wahyu Sakti Trenggono ke Perum Jasa Tirta II Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, pada Selasa 15 Maret 2022.

Baca Juga:  Soal Ambu Anne Gugat Cerai Suaminya, Begini Pesan KH John Dien

Menurut Ridwan Kamil, selama ini Satgas Citarum telah berhasil menangani air limbah domestik yang berasal dari 39.846 kepala keluarga (KK). Angka ini masih di bawah target 135.000 KK yang tertangani pada 2021 dan 648.603 KK pada tahun 2025.

Baca Juga:  Pencarian Eril Tetap Dilanjutkan, Kali Ini Anjing Pelacak Diturunkan Bantu Tim SAR

Sementara, lanjut dia, sampah menjadi masalah serius yang membuat Sungai Citarum menjadi kotor. Permasalahan ini ditumbulkan dari sampah yang berasal dari sumber yang tidak tertangani dengan baik.

Baca Juga:  Informasi Jadwal Imsak Hari Ke-23 Untuk Wilayah Kabupaten Purwakarta

“Satgas Citarum telah mengurangi sampah dari sumber yang dibuang ke Citarum sebanyak 2.899,51 ton per hari dari target 3.177,39 ton per hari pada tahun 2021. Sedangkan pada tahun 2025 ditargetkan bisa mengurangi sampah dari sumbernya sebanyak 6.636,06 ton per hari,” jelas Ridwan Kamil.