Rudy Gunawan Perkuat Kemampuan Tagana untuk Hadapi Bencana Alam di Garut

Garut
Bupati Garut Rudy Gunawan. (Foto: Humas Pemkab Garut).

JABARNEWS | GARUT – Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan bahwa pihakya memperkuat kemampuan Taruna Siaga Bencana (Tagana) dalam membantu pemerintah menanggulangi masyarakat yang terdampak bencana alam.

Menurut Rudy, hal tersebut dilakukan mengingat saat ini sudah mulai memasuki musim hujan yang berpotensi tinggi terjadinya bencana longsor maupun banjir.

Baca Juga:  Garut Diguncang Gempa 6,4 SR, Begini Analisa BMKG

“Ini adalah penting, kita menyiapkan tenaga-tenaga Tagana profesional ketika kita menghadapi bencana,” kata Rudy saat acara Pendidikan dan Latihan Dasar Tagana Kabupaten Garut di Perkemahan Cibeureum, Kecamatan Samarang, Garut, Jumat (24/11/2023).

Baca Juga:  Kota Cimahi Siaga Darurat Bencana Geohidrometeorologi, BPBD Minta Masyarakat Waspada

Dia menjelaskan, Kabupaten Garut merupakan daerah yang memiliki potensi bencana alam cukup besar dengan berbagai jenis ancamannya yakni banjir, longsor, gempa bumi, gunung api, dan tsunami.

Baca Juga:  KPK Amankan Barang Bukti Elektronik di Bandung Barat

Potensi ancaman bencana di Garut itu, lanjut Rudy, tentu pemerintah maupun lembaga lainnya, juga masyarakat harus melakukan persiapan, salah satunya menyiapkan tenaga profesional untuk menanggulangi bencana alam.