Danmen Armed 2/1 Kostrad: Menanam Pohon Tak Sekedar Seremonial

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pohon memiliki banyak manfaat di kehidupan kita. Mulai dari ujung akar sampai ke ujung dahan. Oleh karena itu, melestarikan pohon sangatlah penting. Arti penting dari pohon merupakan fondasi dasar dalam merawat ekosistem, penopang berbagai sendi kehidupan di bumi.

Hal tersebut diungkapkan Komandan Resimen (Danmen) Armed 2/1 Kostrad, Kolonel Arm Johanes Toar Pioh usai melakukan penanaman pohon di Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Pada (20/12/2019).

“Menanam pohon bukan berarti kita harus menanam pohon dari ukuran besar tetapi bisa dimulai dari tunas terlebih dahulu, karena dari gerakan kecil kita akan memperoleh manfaat yang besar,” ungkap Toar.

Menurut Danmen, kegiatan penanaman pohon sebagai gerakan penghijauan untuk menjaga dan melestarikan lingkungan serta keselarasan oksigen. Gerakan penghijauan ini juga sebagai paru-paru kota dimana pertumbuhannya menghasilkan oksigen yang sangat diperlukan makhluk hidup.

Baca Juga:  Wow... Produksi Rambutan Si Batulawang di Kota Banjar Capai 783 Ton Sekali Panen

“Sebanyak sepuluh ribu pohon yang ditanam secara bertahap ini nantinya selain dapat memberikan estetika dan keindahan untuk keasrian kota juga akan berdampak positif terhadap kualitas lingkungan dan kehidupan masyarakat,” kata perwira TNI AD yang terkenal dengan keramahannya itu.

Ia menambahkan, penanaman pohon ini nantinya akan terus ditindaklanjuti dengan pemeliharaan sehingga dapat menghasilkan manfaat untuk masyarakat.

“Menanam pohon tidak hanya sekedar menanam, lalu kita tinggalkan begitu saja untuk membesar sendiri. Pohon perlu dibesarkan, dirawat, dijaga dan dicintai. Nah maka dari itu, nanti setiap satu minggu sekali kita akan kontrol. Kita akan bekerjasama dengan polri, LSM, perhutani, pemerintah Kabupaten dan pelajar Purwakarta untuk sama-sama merawat pohon yang ditanam ini,” imbuhnya.

Selama ini, lanjut Toar, banyak simbolis-simbolis usai menanam pohon langsung ditinggal, setelah itu pohonnya mati karena tidak di rawat.

Baca Juga:  Mendes PDTT: Pihak yang Salah Gunakan Dana Desa Akan Ditangkap

“Karena pohon yang baru di tanam itu butuh pemeliharaan, maka kita akan cek terus pohon-pohon yang kita tanam ini, ya minimal nya dari 10 ribu pohon yang ditanam, 3 ribu pohon tumbuh besar,” kata Danmen.

Ditambahkannya, Pepohonan adalah bagian dari kehidupan dan keberlangsungan peradaban manusia.

“Kita butuh pohon, tapi kita hanya tahu memanfaatkannya, tanpa banyak yang tahu merawatnya, menjaga keberlangsungan keturunan darinya,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Administratur KPH Purwakarta, Arsis Sulistiyono mengapresiasi penanaman pohon yang di gagas Resimen Armed 2/1 Kostrad ini.

Menurutnya, Dimana keterlibatan anggota TNI bersama Polri dan pemerintah secara bersama sama akan mampu membangun terciptanya ruang terbuka hijau untuk masyarakat.

“Bayangkan bumi tanpa pohon. Namun makin hari keberadaan pohon makin diabaikan. Penebangan hutan, perusakan lingkungan, dan eksploitasi besar-besaran makin menyingkirkan pohon,” ungkapnya.

Baca Juga:  Bandung Cari Ikon Dan Cenderamata

Arsis mengajak, generasi muda harus mengadakan perubahan besar, meskipun perubahan itu bukan hal yang mudah, namun alangkah baiknya kalau perubahan itu di mulai dari hal yang kecil, seperti merawat tanaman dan tidak merusaknya, karena Tanaman sangat penting bagi kehidupan manusia.

Ia menjelaskan, hutan memberikan banyak sekali manfaat bagi masyarakat, baik dari sisi ekonomi maupun lingkungan hidup. Banyak manfaat yang dipetik warga dari hutan untuk meningkatkan taraf hidupnya.

“Hutan juga memproduksi oksigen dalam jumlah tinggi. Menanam pohon berarti melakukan hal yang bermanfaat bagi kehidupan kita. Terimaksih kepada TNI dan POLRI yang telah melaksanakan kegiatan Penanaman Pohon, semoga TNI POLRI semakin Jaya,” pungkasnya. (Gin)