Selain Menjadi Bumbu, Pala Bisa Digunakan Untuk Merawat Kulit Wajah

JABARNEWS | BANDUNG – Pala atau yang mempunyai nama latin Myristica fragrans merupakan tumbuhan berupa pohon yang berasal dari kepulauan Banda, Maluku. Akibat nilainya yang tinggi sebagai rempah-rempah, buah dan biji pala telah menjadi komoditas perdagangan yang penting sejak masa Romawi. Pala disebut-sebut dalam ensiklopedia karya Plinius “Si Tua”. Semenjak zaman eksplorasi Eropa pala tersebar luas di daerah tropika lain seperti Mauritius dan Karibia. Istilah pala juga dipakai untuk biji pala yang diperdagangkan.

Tumbuhan ini berumah dua sehingga dikenal pohon jantan dan pohon betina. Daunnya berbentuk elips langsing. Buahnya berbentuk lonjong seperti lemon, berwarna kuning, berdaging dan beraroma khas karena mengandung minyak atsiri pada daging buahnya. Bila masak, kulit dan daging buah membuka dan biji akan terlihat terbungkus fuli yang berwarna merah. Satu buah menghasilkan satu biji berwarna coklat.

Baca Juga:  Bulog Karawang Siapkan Puluhan Ton Beras untuk Operasi Pasar, Berikut Titik Lokasinya

Pala dipanen biji, salut bijinya, dan daging buahnya. Dalam perdagangan, salut biji pala dinamakan fuli, atau dalam bahasa Inggris disebut mace, dalam istilah farmasi disebut myristicae arillus atau macis. Daging buah pala dinamakan myristicae fructus cortex. Tanaman pala merupakan tanaman yang cukup lama pertumbuhannya hingga pemanenan. Panen pertama dilakukan 7 sampai 9 tahun setelah pohonnya ditanam dan mencapai kemampuan produksi maksimum setelah 25 tahun. Tumbuhnya dapat mencapai 20m dan usianya bisa mencapai ratusan tahun. Dilansir dari beberapa sumber, berikut beberapa manfaat pala bagi kecantikan:

1. Mengobati jerawat – Buah pala memiliki kandungan dengan formula antibakteri dan antiinflamasi. Namun kamu tidak disarankan untuk menggunakan rempah ini dengan jumlah banyak ke wajah karena malah akan membuat wajahmu menjadi kemerahan.

Baca Juga:  Jumlah Warga Miskin di Jabar Turun, Benarkah?

2. Menghilangkan Bekas Luka – Kamu bisa menghilangkan bekas kehitaman itu dengan menggunakan buah pala. Caranya cukup mudah, cukup dengan membuat masker dengan campuran buah pala, lemon dan serbuk kulit jeruk, jangan lupa tambahkan madu alami.

Kamu bisa dapatkan wajah yang flawless tanpa bintik kehitaman. Kamu juga bisa membuat campuran buah pala dengan sejumput serbuk kayu manis dan beberapa tetes air lemon serta setengah sendok teh madu alami untuk menghilangkan bekas kehitaman dan bekas lainnya dari wajah. Gunakan selama dua puluh lima menit lalu bilas.

3. Kulit awet muda – Pala juga bisa mengurangi tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan. Untuk mendapatkan manfaat ini, campurkan satu sendok makan pala bubuk dan satu sendok makan susu.

Baca Juga:  Mau Harga Jual Mobil Tetap Tinggi, Ini Kiat dari Pakarnya

4. Menebalkan rambut – Minyak pala pun tidak hanya bermanfaat untuk memperoleh hasil rambut yang kuat dan sehat, namun juga mencegah kerontokan rambut dan meningkatkan volume rambut. Yang harus Anda lakukan adalah aplikasikan beberapa tetes minyak pala dan lakukan pemijatan pada rambut.

5. Mencerahkan kulit – Karena memiliki beragam manfaat, minyak pala seringkali ditemukan dalam kandungan produk pembersih wajah atau pelembap. Anda juga bisa menggunakan minyak pala kemudian melakukan pijatan pada wajah. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkannya dengan produk yang Anda gunakan saat ini untuk memperoleh kulit yang cerah dan sehat.

Penulis: Muhammad Amaludin