Selama Asian Games, Subang Paling Rawan Keamanan

JABARNEWS | SUBANG – Kapoda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto menegaskan, dipilihnya Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat sebagai lokasi Simulasi Ops Among Raga Lodaya 2018 karena dinilai paling rawan selama berlangsungnya pelaksanaan Asian Games 2018.

“Karena dari hasil pemetaan kerawanan Subang merupakan yang paling rawan. Dimana kegiatan balap sepeda jaraknya 145 kilometer. Paling tidak kita melakukan (simulasi) di daerah yang kita anggap paling rawan seperti ini,” ujar Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Agung Budi Maryoto kepada wartawan usai pelaksanaan Simulasi penanggulangan aksi teror di Subang, Kamis (9/8/2018).

Baca Juga:  Industri Pindah Ke Majalengka, Calo Harus Dihilangkan

Simulasi ini merupakan pengamanan kepada para atlet mancanagara yang mengikuti Asian Games ” Kegiatannya dipusatkan di Hotel Betha Subang,” tambah Agung.

Agung menyebutkan pengamanan Among Raga ini melibatkan 8.830 personil Polda Jabar dibantu BKO dari Kodam III Siliwangi sebanyak 1.451 personil. Selanjutnya, untuk pengawalan nanti akan dilakukan dengan sistem atau kawal depan dan kawal belakang.

Baca Juga:  PHRI Purwakarta: Kami Positif Menolak untuk Perpanjangan PPKM

“Pola ini tentunya untuk mencegah dari tindakan kriminal. Pengamanan meliputi pengawalan selama latihan termasuk di tempat-tempat atlet menginap,” ujarnya

Dia berharap dengan kesiapan aparat keamanan dalam pengamanan ini pelaksanaan Asian Games berlangsung dengan aman.

Baca Juga:  Sosok Asmawa Tosepu, Pj Bupati Bogor Pengganti Iwan Setiawan

“Bukan hanya aman di venue-venue tetapi di seluruh wilayah Jawa Barat,” katanya

Ditambahkan Panglima Kodam III Siliwangi, Mayjen TNI Besar Harto Karyawan menyebutkan pihaknya sepenuhnya mendukung pengamanan yang dilakukan oleh Polri.

“Sepenuhnya kita backup. Kita tunjukan sinergitas dengan kegiatan latihan bersama,” ujar Pangdam. (Mar)

Jabarnews | Berita Jawa Barat