Sesepuh Damas: Sunda Kudu Maju di Pemilihan Presiden

JABARNEWS | BANDUNG – Daya Mahasiwa Sunda (Damas) ikut meramaikan deklarasi dukungan kepada Ahmad Heryawan dan Yuddy Chrisnandy untuk ’mentas’ pada pemilihan presiden (Pilpres) 2019. Organisasi ini mendorong tokoh Sunda untuk ikut tampil dalam pesta demokrasi lima tahunan itu.

Sesepuh Damas Memet Hamdan mengatakan, sebagai suku bangsa terbesar kedua di Nasional, seharusnya tokoh Sunda mampu bersaing di Pilpres. Ia yakin orang Sunda memiliki intelektual yang mumpuni untuk menjadi pemimpin negara.

Baca Juga:  Panwascam Cugenang Ngaku Berhasil Cegah Pelanggaran Kampanye Pemilu 2024

“Dari sekian banyaknya orang Sunda, apakah tidak ada orang yang pintar untuk siap bertarung?,” kata Memet saat berorasi di Gedung Indonesia Menggugat, Jalan Perintis Kemerdekaan No. 5, Kota Bandung, Minggu (5/8/2018).

Baca Juga:  PMII Kota Tasik Menolak Kongres Bernuansa Politik

Menurutnya, para tokoh Sunda harus mendapatkan hak politik untuk mencalonkan diri sebagai pemimpin bangsa. Apalagi, pada sejarahnya tokoh Sunda belum ada sama sekali yang menjabat sebagai presiden ataupun wakil presiden.

’’Sunda punya hak untuk ikut serta dalam Pilpres, karena Sunda sangat menjunjung tinggi Negara Kesatuan Republik Indonesia,’’ ujarnya.

Maka dari itu, Memet mengajak kepada seluruh suku Sunda untuk menyatukan suaranya sebagai bentuk dukungannya bagi para tokoh Sunda yang mencalonkan dirinya di Pilpres 2019. ’’Hayu poe ieu Sunda hudang, Sunda makalangan, Sunda kudu meunang (Ayo hari ini Sunda harus bangun, Sunda Harus berkelana, Sunda harus menang),’’ pungkasnya. (Ted)

Baca Juga:  Kecam Sikap Intoleran di Purwakarta, Ketua MUI: Bisa Bikin Gak Nyaman

Jabarnews | Berita Jawa Barat