Survei Capres 2024 di Jabar: Ridwan Kamil Ungguli Ungguli Prabowo, Anies dan Ganjar Pranowo

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Dodi/JabarNews).

JABARNEWS | BANDUNG – Survei terbaru Saiful Muzani Research and Consulting (SMRC) menunjukan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengungguli Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pilihan warga Jawa Barat.

Manajer SMRC, Saidiman Ahmad, menuturkan Kamil, Baswedan, Prabowo Subianto, dan Pranowo bersaing ketat dalam perebutan suara pemilih Jawa Barat untuk calon presiden.

Baca Juga:  Warga Bebaskan dan Beri Ongkos Pelaku Pencurian Kotak Amal Masjid di Banjar, Begini Kronologinya

“Dalam temuan survei terbaru SMRC bertajuk “Partai, Gubernur, dan Presiden: Pandangan Publik Jawa Barat” yang dirilis daring menunjukkan, dalam pertanyaan top of mind atau jawaban spontan, Kamil mendapatkan dukungan 13 persen, Baswedan 12,2 persen, Prabowo Subianto 12 persen, dan Pranowo 10,7 persen,” tertulis dalam keterangan tertulisnya, Selasa 15 Februari 2024.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Gelontorkan Dana Rp700 Miliar untuk Pilkada Serentak 2024 di Jabar

Sementara nama-nama tokoh lain hanya mendapatkan dukungan di bawah tiga persen. Ada 43,2 persen warga Jawa Barat yang belum menentukan pilihan. “Bahkan dalam simulasi empat nama calon, Kamil masih mendapat dukungan paling tinggi sebesar 22,2 persen, disusul Prabowo Subianto 21,9 persen, Baswedan 19,3 persen, dan Pranowo 17,8 persen. Yang tidak tahu atau tidak menjawab 18,8 persen,” kata Ahmad.

Baca Juga:  PMI Cianjur Bantu Korban Banjir di Bekasi

Naiknya dukungan pada Kamil selaras dengan tingkat kepuasaan warga atas kinerja dia sebagai gubernur Jawa Barat. “Mayoritas responden SMRC sebanyak 77 persen mengaku sangat atau cukup puas dengan kinerja Kamil. Yang kurang atau tidak puas 19 persen dan ada 5 persen yang tidak menjawab,” kata dia.