Tahun Depan, Kemenristekdikti akan Uji Vaksin Merah Putih Pada Hewan

JABARNEWS | BANDUNG – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Indonesia (Kemenristekdikti) akan melakukan uji vaksin Merah Putih terhadap hewan pada tahun depan.

Menristekdikti, Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro mengatakan bahwa pihaknya sudah memberikan bibit vaksin ke Biofarma untuk selanjutnya dilakukan uji kepada hewan.

“Kita akan melakukan uji hewan targetkan tahun depan dan sudah menyerahkan bibit vaksin nya kepada Biofarma,” kata Bambang di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (8/12/2020).

Baca Juga:  Serbuan Vaksinasi Covid-19 Sasar Pesantren, Ini Kata Uu Ruzhanul Ulum

Dia menjelaskan, setelah uji pada hewan berhasil, selanjutnya akan dilakukan uji klinis pada manusia dengan beberapa tahapan. Kemudian, lanjut Bambang, vaksin Merah Putih tersebut akan diajukan ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk izin permanen.

“Setelah itu biofarma yang akan melakukan uji klinis pada manusia tahap 1,2 dan 3 dan tentunya nanti BPOM akan memberikan izin yang permanen,” jelasnya.

Baca Juga:  Remaja Asal Karo Hilang Terseret Sungai Laudah, Ditemukan Tersangkut di Jaring

Bambang mengungkapkan, ada enam universitas atau perguruan tinggi yang ditunjuk untuk pengembangan vaksin Merah Putih yaitu Ipman, Lipi, UI, ITB, UGM, dan Universitas Airlangga.

Sedangkan, dari keenam pengembang vaksin tersebut, hanya tiga lembaga yang progresnya paling cepat yakni Ipman, UI, dan Universitas Airlangga.

“Keenamnya mengerjakan dengan platform yang berbeda-beda tetapi tujuannya adalah melahirkan vaksin Covid-19 yang mengedepankan keamanan dan keefektifan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Soal Fenomena Bus Kali Rasmi Mirip Awan, Ini Kata DLH Jabar

Bambang berharap, pada triwulan 4 vaksin Merah Putih bisa diproduksi massal dan dapat menjadi solusi dari kebutuhan vaksin 270 juta masyarakat Indonesia.

“Triwulan 1 kita sudah menyerahkan bibit, harapan triwulan 4 bisa diproduksi massal dan bisa dilakukan vaksinasi dengan vaksin Merah Putih,” tutupnya.

Penulis: Rian Nugraha