Tangani Sungai Citarum Libatkan Seluruh Elemen

JABARNEWS | PURWAKARTA – Awal 2018 ini, penanganan kerusakan Sungai Citarum memasuki babak baru. Gerakan penanganan Sungai Citarum kini melibatkan seluruh elemen bangsa dan negara.

Gagasan itu mengemuka dalam Lokakarya Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan DAS Citarum di Plaza Hotel, Kota Bukit Indah, Blok L, Desa Cinangka, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Rabu (28/2/2018).

Dalam paparannya, Pangdam III siliwangi, Mayor Jenderal TNI Doni Munardo, mengatakan, kita harus Mengimplementasikan Nawacita melalui Revitalisasi Sungai citarum.

Saat ini, tambahnya, Sungai Citarum dikonsumsi 80% oleh penduduk DKI Jakarta juga digunakan oleh masyarakat sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS).

“Jadi apabila sungai citarum kembali bersih dapat juga digunakan budidaya perikanan air tawar. Sungai Citarum juga mengairi irigasi 420.000 HA sawah di Kabupaten Karawang, Purwakarta, Subang, dan Indramayu. Selain itu sungai Citarum juga menghasilkan pemasok listrik 1.888 mega wat, jaringan interkoneksi Jawa – Bali,” katanya.

Baca Juga:  Ramalan Cuaca Kota Bandung, Kamis 26 Mei 2022

Lanjut dia, pihaknya telah melakukan survey masalah Citarum, terkait pembuangan sampah organik dan non-organik sebanyak 20.462 Ton per hari ke sungai Citarum.

“Kita juga telah melakukan survey tentang ikan yang ada di sungai Citarum yang banyak mengandung ekoli dan merkuri. Kata kunci menyelesaikan masalah Citarum yaitu satu kesatuan komando dari hulu ke hilir dengan semua komponen dan mensejahtrakan Masarakat,”ucapnya.

Baca Juga:  Ternyata Karena Ini Pembuatan Paspor Tinggi di Kantor Imigrasi Sukabumi

Senada dengan Pangdam III Siliwangi, Wakapolda Jabar, Brigjen Pol Supratman, mengatakan, dirinya ucapkan banyak terima kasih kepada Tim intel Kodam III yang telah memberikan informasi sebanyak 31 perusahaan yang terindikasi membuang limbah secara langsung ke sungai Citarum tanpa pengolahan IPAL.

“Masalah penegakan hukum terkait sungai Citarum, kita sudah menangani 10 permasalahan dan sudah diberikan berkasnya ke kejaksaan,” ucap orang nomor dua di Polda Jabar tersebut.

Wakapolda Jabar berharap, ke depan, sungai Citarum bisa jadi obyek Wisata.

“Prinsipnya kami sangat mendukung Program Citarum Harum. Saya sangat Apresiasi sekali tindakan yang dilakukan oleh Pangdam III Siliwangi terhadap sungai citarum. Saat ini sungai citarum kebersihannya meningkat berbeda dengan sebelumnya,” pungkasnya.

Baca Juga:  DPKPB Purwakarta Amankan Ular King Kobra di Dapur Warga

Yang hadir pada kegiatan itu, Kementrian Kordinator Bidang Maritim, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, L.H Bapenas, Jaksa Agung RI, BPKP, Kodam III siliwangi, Wakapolda Jabar Brigjend Pol Supratman, Danrem 063/SGJ, dan Kodam Jayakarta.

Selain itu, Dandim 0619 Purwakarta Letkol Inf Ari Maulana, Kasdim 0509 Kabupaten Bekasi Mayor Arm Agustri, Kapolres Purwakarta AKBP Dedy Tabrani, Asosiasi Propesi Dokter Hukum Indonesia, Pemerintahan Provpinsi, PLT Bupati Purwakarta Drs.Dadan Koswara, Dirjen Gakum KLHK, Satter PSPLP DJCK Komen PUPR, Dirjen PB KKP, dan DLH Jabar. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat