Tenaga Pendidik Diharapkan Mampu Tingkatkan Pelayanan Pendidikan Melalui Kurikulum Merdeka

Kegiatan Workshop Kurikulum Merdeka di Hotel Aryaduta Bandung, Sabtu (27/5/2023). (Foto: Rian/JabarNews).

Di tempat sama, Anggota Komisi X DPR RI, Ledia Hanifah Amalia mendukung upaya Kemendikbudristek dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan. Baginya, langkah tersebut akan membuat guru-guru semakin berkembang termasuk mencapai standar kurikulum.

“Meskipun kurikulum bukan satu-satunya, karena hanya bagian upaya kita untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia,” kata politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut.

Baca Juga:  Inilah Harapan Warga Bekasi Untuk Proyek Meikarta

Dikatakan Ledia, Komisi X bersama Kemendikbudristek juga terus menggencarkan workshop dan sosialisasi untuk mempercepat pemahaman para pendidik. Selain itu, ia juga menekankan pentingnya pembelajaran tatap muka agar kualitas guru-guru kian meningkat.

Baca Juga:  Kekerasan Perempuan dan Anak di Bandung Raya Meningkat, Irawati Beberkan Penyebabnya

“Ternyata kalau ingin meningkatkan kualitas guru tidak cukup dengan online, karena saat mereka berinteraksi kan jadi pembelajaran. Bagaimana mereka mengubah cara berpikir, karena harus proaktif. Ketika guru proaktif, siswanya aktif, jadi akan ketemu,” tutur Ledia.

Baca Juga:  Kota Bandung Rumuskan Sejumlah Langkah untuk Antisipasi Inflasi Dampak Kenaikan BBM

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar, Wahyu Mijaya menyampaikan rasa terima kasihnya atas inisiasi Kemendikbudristek menggelar Workshop Kurikulum Merdeka. Ia berharap semakin banyak workshop yang dilakukan agar pemahaman guru-guru, termasuk di Jawa Barat semakin meningkat.