Tertutup Longsor 20 Meter Selama 6 Jam, Jalan Nasional di Cianjur Sudah Bisa Dilewati

Tebing setinggi 50 meter di Kecamatan Naringgul, Cianjur, Jawa Barat, longsor, (Istimewa)

JABARNEWS | CIANJUR – Dua alat berat milik Kementerian PUPR PPK 2.5 Jawa Barat, akhirnya dapat membuka kembali jalan nasional yang tertimbun longsor setinggi 20 meter di Kecamatan Naringgul, Cianjur, sehingga kendaraan dari Bandung maupun Cianjur, dapat kembali melintas.

Kepala PPK 2.5 Jabar, Ananto Wibowo mengatakan menjelang dini hari, pihaknya menurunkan alat berat dan dua truk jungkit (dump truck), untuk mempercepat menyingkirkan material longsor dengan ketinggian mencapai 20 meter, karena antrian kendaraan terus memanjang dari kedua arah.

Baca Juga:  Dari Cianjur, Pria Ini Nekat Berjalan Tanpa Alas Kaki Temui Dedi Mulyadi di Purwakarta

“Kita bekerja maksimal, hingga siang menjelang, jalan nasional Bandung-Cianjur, yang sempat tertutup longsor lebih dari 6 jam, berhasil dibuka kembali, meski baru dapat digunakan satu jalur secara bergantian,” katanya, dilansir Antara, Sabtu 25 Desember 2021.

Baca Juga:  Pengumuman Hasil Seleksi Wawancara Calon Anggota KPU Purwakarta, Karawang, Bekasi dan Kota Bekasi

Hingga petang, satu alat berat masih berupaya membersihkan material longsor yang tersisa, agar pengguna jalan dapat melintas dengan aman dan nyaman. Sedangkan satu alat berat lainnya, disiagakan di kawasan Balai Ged-Naringgul, sebagai upaya antisipasi dan penanganan cepat.

Baca Juga:  Lewat Restorative Justice, Para Bocah Pencuri Sarana Olahraga di Purwakarta Berakhir Bebas

“Jalur sudah dapat dilalui, namun masih diberlakukan sistem satu arah bergantian karena alat berat masih beroperasi. Kami juga mengimbau pengguna jalan untuk waspada dan berhati-hati saat melintas karena wilayah Naringgul rawan longsor,” katanya.