Tiga Rahasia Hidup Sehat Dan Awet Muda, Diantaranya Rutin Olahraga

JABARNEWS | BANDUNG – Di tengah hiruk pikuk kesibukan sehari-hari, sebagian orang mungkin beranggapan bahwa memiliki tubuh yang sehat, jauh dari stres, dan awet muda hanyalah mitos belaka.

Akibat banyaknya aktivitas dan kegiatan yang harus dilakukan setiap harinya, waktu 24 jam sehari serasa kurang untuk melakukan segala hal yang dibutuhkan untuk mendapatkan kondisi seperti itu.

Dalam jangka panjang, hal tersebut tentu akan membuat kondisi tubuh semakin tak terjaga kesehatannya dan mempercepat proses penuaan. Proses penuaan memang tidak bisa dihindari. Namun, melalui penerapan gaya hidup yang tepat dan positif, kamu bisa menjaga kondisi tubuh agar tetap prima.

Baca Juga:  Wabup Ciamis Hadiri Pertemuan Lembaga Lanjut Usia

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa rahasia hidup sehat dan awet muda yakni:

Pertama. Jangan Biarkan Otak Stagnan – Cara hidup sehat dan awet muda yang pertama adalah tak membiarkan otak bekerja secara stagnan. Ibarat sebuah mesin, otak juga akan menjadi kaku dan usang jika jarang digunakan untuk berpikir secara positif dan kreatif.

Hal ini dibuktikan dengan proses pemindaian otak yang menunjukkan bahwa otak yang digunakan dengan cara yang berbeda dari biasanya mampu menerima aliran darah ke area yang baru serta membentuk jalur saraf yang baru.

Baca Juga:  Lelang Jabatan di Pemkab Purwakarta Masuki Tahap Akhir

Kedua. Usahakan untuk Selalu Menjalin Komunikasi – Sebagai makhluk sosial, manusia memang sejatinya harus menjalin komunikasi dan terhubung dengan baik setiap hari. Berdasarkan sebuah penelitian oleh pemerintah Amerika Serikat, isolasi sosial merupakan prediktor penurunan kondisi mental saat usia tua.

Sejumlah ahli tersebut percaya penurunan kognitif tersebut terjadi akibat keterampilan komunikasi yang tak digunakan. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang bergabung pada komunitas memiliki kondisi lebih sehat ketimbang mereka yang menyendiri di usia tua.

Baca Juga:  Miris, Seoarang Ayah di Purwakarta Tega Cabuli Anak Kandungnya Sendiri

Ketiga. Jadikan Olahraga Sebagai Rutinitas Setiap Hari – Sudah bukan rahasia lagi jika rajin berolahraga merupakan kunci penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahkan, tak sedikit pula yang telah membuktikan bahwa aktivitas fisik yang ringan mampu membuat pikiran menjadi lebih encer dan menghilangkan stres.

Di sisi lain, tubuh yang jarang beraktivitas atau digunakan untuk bergerak, perubahan fisik akibat penuaan akan lebih kentara, misalnya, penambahan lemak, postur tubuh memburuk, dan juga kehilangan otot. (Red)