Tim Road Show KPK Ingatkan ASN Kota Cirebon Soal Korupsi

JABARNEWS | KOTA CIREBON – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs. Asep Dedi, M.Si menerima Tim Road Show Bus KPK ‘Jelajah Negeri, Bangun Antikorupsi’. Kedatangan tim road show ini diterima di ruang Adipura Balaikota Cirebon. Jumat (28/9/2018).

“Kami tentu menyambut baik dan gembira dengan diselenggarakannya road show bus KPK 2018, apalagi Kota Cirebon menjadi salah satu dari 11 daerah di Pulau Jawa yang mendapatkan kunjungan dari bus KPK ini,” ungkap Asep.

Untuk Jawa Barat, penyelenggaraan road show hanya dilakukan di 4 daerah masing-masing di Kabupaten Indramayu, Kota Cirebon, Kabupaten Ciamis dan Kota Bandung. Melalui road show yang berisi sosialisasi, edukasi, dan kampanye pencegahan korupsi yang dilakukan KPK, Asep berharap bisa memberikan pemahaman bagi ASN, aparat pemerintahan, para pelajar dan mahasiswa, dosen dan masyarakat umum tentang bahaya korupsi.

Baca Juga:  Terminal Leuwipanjang Kota Bandung Bakal Disulap Jadi Bandara, Ini Kata Yana Mulyana

Asep menambahkan, jika Pemerintah Kota Cirebon telah melakukan berbagai upaya untuk menekan tindak pidana korupsi. Di antaranya melakukan kegiatan Koordinasi Supervisi Pencegahan (Korsupgah) yang dikoordinasikan Sdr Tri Budi Rochmanto dari Deputi Pencegahan KPK.

Khususnya dalam hal, kata dia, pengelolaan APBD dengan nilai progress 79 persen, pengadaan barang dan jasa dengan nilai progress 44,30 persen, perizinan dan pelayanan satu pintu dengan nilai progress 69 persen, kapabilitas aparat pengawas intern pemerintah (APIP) dengan nilai progress 45,90 persen, manajemen ASN dengan nilai progress 55,23 persen dan optimalisasi pendapatan daerah dengan nilai progress 67,05 persen.

Baca Juga:  Sebanyak 225 Personel Gabungan diterjunkan dalam Pengamanan Aksi Buruh di Purwakarta.

“Berdasarkan aplikasi Korsupgah, nilai aksi Pemerintah Kota Cirebon yang telah dilakukan sampai dengan triwulan kedua tahun 2018 yaitu 65,07 persen,” ungkap Asep.

Di samping itu, Pemerintah Kota Cirebon juga telah meraih Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama dua kali berturut-turut yaitu pada LKPD 2016 dan 2017. Evaluasi SAKIP dengan nilai 62,05 persen atau berstatus B serta evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah dengan nilai 3,09, peningkatan kinerja PK APIP level 3 sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) yang saat ini masih dalam penilaian dari BPKP dengan target level 3 pada 2018 ini.

Baca Juga:  Soal Merebaknya Kasus Cacar Monyet, Ini Kata Dinkes Kota Depok

“Semua kami lakukan untuk mewujudkan pemerintah daerah yang bersih dan akuntabel,” ungkap Asep.

Dalam roadshow Bus KPK ini, Pemerintah Daerah Kota Cirebon juga ikut menampilkan berbagai pelayanan publik, seperti pelayanan SIM/STNK keliling dari Polres Cirebon Kota, pelayanan KTP dan kependudukan dari Disdukcapil Kota Cirebon, perpustakaan keliling dari Dispusipda Kota Cirebon serta pelayanan perijinan dari DMPPTSP Kota Cirebon. (One)

Jabarnews | Berita Jawa Barat