Tol Bandung – Tasikmalaya Ditargetkan Tender Tahun Ini

JABARNEWS | BEKASI – Pemerintah akan merealisasikan pembangunan jalan tol Bandung-Tasikmalaya. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan bisa merampungkan proses tender pada tahun ini.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan ruas tol tersebut merupakan bagian dari pembangunan jalan tol pulau Jawa wilayah selatan hingga Solo.

Baca Juga:  Sabu Siap Edar Seberat 1 Kilogram Diamankan BNNP Jabar di Bogor

“Jadi pertama yang sebentar lagi itu Bandung-Tasikmalaya. Jadi tidak selalu di utara terus. Kita juga pecah ke Bandung-Tasikmalaya, kemudian Tasikmalaya-Cilacap, Cilacap-Yogyakarta dan Yogyakarta-Solo,” tuturnya dikutip dari detik di Bekasi Timur, Rabu (27/6/2018).

Basuki mengatakan, saat ini sudah ada pemrakarsa untuk membangun ruas tol sepanjang 100 km itu. Sementara proses tender ditargetkan selesai pada Agustus 2018.

Baca Juga:  Polisi Cari Perusahaan Yang Buang Limbah B3 Ke Tempat Sampah Warga

“Sekarang sudah ada pemrakarsanya tinggal penuhi laporan keuangannya. Mudah-mudahan Agustus bisa tender, karena datanya sudah masuk,” ujarnya.

Tol Bandung-Tasikmalaya dibangun sebagai upaya mengurai kemacetan dijalur nasional. Selain itu diharapkan bisa menjadi alternatif rute dari jalan di wilayah utara.

Baca Juga:  IBCF 2023, BNN Galakkan Pesan Anti Narkotika Lewat Paduan Suara

Pemerintah juga menargetkan bisa merampungkan proses tender untuk ruas Yogyakarta-Solo. Setelah itu baru ruas Tasikmalay-Cilacap-Yogyakarta.

“Cilacap setelahnya karena demand-nya masih kurang. Tapi tidak harus tunggu selesai dulu. Semuanya tendernya berbeda-beda,” ungkap Basuki. (Yfi)

Jabarnews | Berita Jawa Barat