TPA Sarimukti Dibatasi, Begini Langkah Ema Sumarna Antisipasi Sampah di Kota Bandung

Ema Sumarna
Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna mengaku bahwa pihaknya telah menyiapkan beberapa langkah untuk mengantisipasi sisa sampah yang tak tertampung di TPA Sarimukti.

Hal tersebut dikatakan Ema menyusul adanya surat pemberitahuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, akan dilakukan pengurangan jumlah sampah yang dibuang ke TPA Sarimukti.

Baca Juga:  Bambang Tirtoyuliono Dorong Partisipasi Pemilu 2024 di Kota Bandung Meningkat

“Mengubah mindset dan perilaku itu tidak mudah. Kita sedang berjuang agar KBS itu semakin banyak. Tiap bulan saya evaluasi bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK). Kita terus mendorong masing-masing kecamatan itu berlomba untuk menghadirkan dan memperbanyak kawasan bebas sampah (KBS),” kata Ema, Selasa (8/8/2023).

Baca Juga:  Duh, Baru Setahun Diperbaiki Akses Jalan Alternatif Ini Rusak Lagi

Menurutnya, jika jumlah KBS bertambah signifikan, maka otomatis ritase ke Sarimukti pun akan berkurang. Namun, jika melihat kondisi saat ini ditambah pengurangan ritase sampah untuk Kota Bandung, ia mengatakan butuh upaya lebih keras.

Baca Juga:  Dapat Suara Terbanyak di Pileg 2024, PDIP Berpeluang Ambil Alih Kursi Ketua DPRD Serdang Bedagai

“KBS belum siap, masyarakat pun masih terus berproses dalam memilah sampah, lalu Sarimukti dikurangi, itu juga tidak mudah. Makanya kita terus koordinasi dengan Pemerintah Provinsi. Walaupun kita juga paham Sarimukti itu tidak bisa untuk selamanya,” ungkapnya.