Uji Kecepatan Bertindak, Ini Yang Dilakukan Polres Subang

JABARNEWS | SUBANG – Untuk meningkatkan pelayanan yang profesional, Polres Subang menggelar simulasi penanganan kecelakaan yang difelat di halaman Mapolres Subang, Selasa (2/10/2018). Simulasi tersebut disaksikan langsung Kapolres Subang AKBP Muhammad Joni dan Wakapolres Kompol Dikdik Purwanto.

Simulasi tersebut diawali dengan pertolongan pertama dengan menggunakan ambulans dan derek resmi Cikampek-Palimanan.

Kapolres Subang AKBP Muhammad Joni mengatakan, kegiatan gelar simulasi penanganan kecelakaan untuk meningkatkan kemampuan petugas di lapangan dalam penanganan kecelakaan lalu lintas di wilayah hukumnya.

Baca Juga:  Potensi Diguyur Hujan Lebat, Sekda Jabar Imbau Masyarakat Waspada Saat Arus Balik Lebaran

“Sesuai S0P simulasi terpadu adalah untuk memperoleh kesamaan persepsi dalam melaksanakan tugas, sehingga dapat bertindak dengan cepat, tepat, terampil, profesional sesuai situasi dan kondisi yang dihadapi,” ujar Joni.

Menurut Joni, pelatihan ini juga akan bermanfaat saat masyarakat menuntut penanganan gawat darurat yang cepat dan tepat di lokasi kejadian. Bahkan, kata Joni, petugas Polsek sekalipun harus mampu melakukan penanganan darurat tersebut. “Ya, umumnya bisa dilakukan petugas kepolisian di wilayah hukum Subang, ” katanya.

Baca Juga:  Masyarakat di Bogor Diminta Waspadai Peredaran Uang Palsu Jelang Lebaran

Dari pantauan Jabarnews, berbagai simulasi dipraktikkan dalam pelatihan ini, salah satunya simulasi bagaimana cara menerima laporan kejadian kecelakaan lalu lintas, bagaimana kecepatan petugas mendatangi tempat kejadian, bagaimana cara pertolongan pertama yang benar kepada korban di tempat kejadian perkara (TKP), hingga tata cara melakukan olah TKP.

Baca Juga:  Bus Kidang Pananjung Ajak Wisatawan Keliling Purwakarta

“Tentu semua itu untuk kecepatan penanganan kecelakaan lalu lintas dengan tujuan meminimalisasikan dampak dari kecelakaan itu,” ucap Joni. (Mar)

Jabarnews | Berita Jawa Barat