Usai Citarum, Emil Akan Bentuk Satgas di Sungai Cilamaya dan Cileungsi

JABARNEWS | BANDUNG –  Pemerintah Provinsi Jawa Barat bertindak cepat menggelar mitigasi bencana. Usai membentuk Satgas Citarum, kini Tim satgas Sungai Cileungsi dan Cilamaya siap dibentuk pada akhir Januari 2020.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan Pemprov Jabar pada akhir Januari 2020 akan membentuk untuk mengatasi masalah lingkungan seperti pencemaran air dan mencegah bencana alam akibat luapan air dari dua sungai tersebut.

Baca Juga:  Hasil Seleksi Administrasi Calon Direktur Administrasi dan Keuangan PDAM Purwakarta Diumumkan di Medsos dan Situs Pemkab Purwakarta

“Insya Allah akhir bulan ini, Satgas Cilamaya dan Satgas Cileungsi sudah saya beri surat keputusan atau SK. Jadi itu sama dengan manajemen pengendalian pencemaran dan banjir di Sungai Citarum. Didalamnya ada TNI, Polri, kejaksaan, relawan, dan sebagainya,” jelasnya di Bandung, Jumat (3/1/2020).

Emil demikian sapaan akrabnya mengemukakan dengan dibentuknya dua satgas tersebut maka secara bertahap semua sungai besar di Jawa Barat bisa diperbaiki atau dicegah.

Baca Juga:  Pengalaman Satgas Garuda Bhayangkara FPU 2 saat Bertugas di Tengah Pandemi

“Untuk anggarannya, kami belum sampai ke anggaran karena prosesnya baru lahir setelah anggaran diketok. Ya minimal lahirnya organisasi ini sudah luar biasa, bisa kita hadirkan dulu,” terangnya.

Dia menyebutkan nantinya dua satgas ini akan bertugas menangani pencemaran di Sungai Cileungsi dan Cilamaya yang melintasi enam wilayah di Jawa Barat.

Baca Juga:  Begini Hasil Rekonstruksi Kasus Pembunuhan Tongkat Besi di Pematangsiantar

Selain itu, sejumlah pihak terkait yang berasal dari unsur pemerintah provinsi dan pemerintah kota kabupaten serta kepolisian akan melakukan penandatanganan kesepakatan bersama terkait penanganan pencemaran sungai-sungai tersebut.

“Mohon doanya semoga seluruh prosesnya berjalan lancar,” tandasnya.

Seperti diketahui, Sungai Cileungsi berada di Kabupaten Bogor sedangkan Sungai Cimalaya membelah tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Subang. (Ara)