Waduh! Ribuan Balita di Purwakarta Alami Stunting

Tim pendamping keluarga saat melakukan rapat koordinasi. (Foto: Gin/JabarNews).

JABARNEWS | PURWAKARTA – Sebanyak 1.361 atau 20,06 persen balita di Kabupaten Purwakarta mengalami stunting. Stunting adalah kondisi ketika tinggi badan anak lebih pendek daripada standar usianya akibat kekurangan gizi jangka panjang.

Maka dari itu, Pemkab Purwakarta membentuk Tim Audit Kasus Stunting (AKS) untuk mengakselerasi penanganan masalah ini.

Baca Juga:  Begini Modus Oknum Guru di Purwakarta yang Cabuli Belasan Muridnya

Kepala Bidang Pembangunan dan Ketahanan Keluarga, pada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Purwakarta, Yani Swakotama, mengatakan jumlah anak balita yang mengalami stunting saat ini ada sekitar 1.361 anak dari total ….lebih anak balita. Angka itu berdasarkan Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2021.

Baca Juga:  Polres Purwakarta Ringkus Pelaku Pembuang Bayi di Kecamatan Sukatani

“Prevalensi stunting di Kabupaten Purwakarta telah menunjukkan penurunan yang signifikan, yaitu dari 23,42 persen di tahun 2019 menjadi 20,6 persen tahun 2021,” ungap pria yang akrab disapa Yani, saat ditemui diruangan kerjanya, pada Senin, 14 November 2022.

Baca Juga:  Transaksi di Warung, Pengedar Narkoba Asal Asahan Ditangkap

Sampai saat ini, lanjut dia, stunting masih menjadi prioritas permasalahan yang perlu ditangani dimana pemerintah menargetkan prevalensi penurunan stunting sebesar 14 persen di tahun 2024.