Warga di Lumbung Ciamis Resah, Macan Tutul Masuk ke Pemukiman Penduduk

Ilustrasi Macan tutul atau macan kumbang. (Foto: Istimewa/Internet).

JABARNEWS | CIAMIS – Warga di Blok Cibaok, Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis kembali dibuat resah dengan turunnya Macan Tutul dari Gunung Sawal yang masuk ke pemukiman penduduk.

Berdasarkan informasi yang diterima, kemunculan Macan Tutul tersebut terlihat oleh para pekerja proyek pada Jumat (16/6/2023).

Baca Juga:  Bazar Ramadhan Diharapkan Bisa Dongkrak Ekonomi dan UMKM di Cianjur

Dilansir JabarNews.com dari harapanrakyat.com, salah seorang tokoh masyarakat di Desa Cikupa bernama Kosasih menerangkan bahwa saat pekerja proyek bernama Henda bersama teman-temannya pulang dari pekerjaannya di Blok Cibaok. Kemudian mereka melihat ada empat ekor macan tutul masuk ke wilayah pemukiman penduduk.

Baca Juga:  Diduga Kecelakaan, Seorang Pria di Ciamis Ditemukan Tewas Mengambang dalam Saluran Irigasi Bersama Motornya

“Para pekerja melihatnya sekitar pukul 18.00 WIB. Kembalinya macan tutul itu masuk wilayah pemukiman penduduk kemungkinan akibat ketersediaan makanan di kawasan hutan sudah berkurang,” kata Kosasih, Sabtu (17/6/2023).

Baca Juga:  Ini Kata Uu Ruzhanul Ulum Soal Zero Stunting di Jabar

Menurutnya, perburuan terhadap babi hutan yang kerap terjadi mengakibatkan ketersediaan makanan macan tutul di hutan Gunung Sawal tidak mencukupi. Sehingga, untuk bertahan hidup hewan buas tersebut memangsa ternak milik warga sekitar.