Waspada! Ada Virus Corona Varian Baru, Begini Gejalanya

JABARNEWS | BANDUNG – Ada delapan negara telah melaporkan adanya temuan varian baru virus corona yang muncul baru-baru ini.

Diketahui negara-negara tersebut, yakni Irlandia Utara, Israel, Singapura, Denmark, Belanda, Australia, Italia, Gibraltar, dan diduga juga muncul di Perancis, dan Afrika Selatan.

Paling dekat, Singapura mengonfirmasi bahwa mutasi virus corona seperti virus dengan jenis yang sama yang menyebar di Inggris.

Dilansir dari Times of India, National Health Service (NHS) pun menyoroti gejala Covid-19 yang kerap dialami pasien saat terinfeksi virus corona jenis baru ini.

Selain gejala umum Covid-19 seperti demam, batuk kering, dan hilangnya indra penciuman dan perasa, ada 7 gejala lain yang dikaitkan dengan varian baru corona. Berikut diantaranya:

Baca Juga:  Wah! Berkas dan Dokumen Penting Milik DLH Kota Banjar Hilang Digondol Maling, Kok Bisa?

1. Kelelahan – Lelah dapat dikatakan normal jika bisa diatasi dengan tidur atau istirahat. Namun, jika rasa lelah tak kunjung hilang meski waktu tidur telah tercukupi, mungkin saja ini merupakan tanda adanya gangguan kesehatan.

2. Kehilangan selera makan – Walaupun di depan mata anda disajikan makanan yang enak dan menggairahkan selera tetapi anda tidak nafsu dan selera makan.

3. Sakit kepala – Rasa sakit atau nyeri di kepala, yang bisa muncul secara bertahap atau mendadak. Nyeri bisa muncul di salah satu sisi kepala, atau di seluruh bagian kepala. Sakit kepala bisa membuat kepala terasa berdenyut, atau seperti terlilit kencang oleh tali.

Baca Juga:  Hujan Deras, Seorang Bocah SD di Bogor Hanyut Terseret Arus Parit

4. Diare – Ketika anda tidak berhenti kekamar mandi untuk buang air besar dan pup anda cair.

5. Kebingungan – Kesulitan dalam berpikir, mengingat, berkonsentrasi, atau tidur.

6. Nyeri otot – Rasa kaku, kram, tertarik, berat, atau lemah pada otot. Nyeri otot cenderung muncul selama atau setelah menjalani aktivitas tertentu.

7. Ruam kulit – Kulit kemerahan dan panas bentuknya seperti kaligata tetapi bukan.

Terkait hal tersebut, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mendesak anggotanya di Eropa untuk meningkatkan upaya melawan varian baru virus corona SARS-CoV-2 yang menyebar di Inggris.

Baca Juga:  Nama Kasat Narkoba Polres Purwakarta Dicatut

Di luar Inggris, varian baru virus corona ditemukan pada 9 kasus di Denmark, serta masing-masing 1 kasus di Belanda dan Australia.

Anggota WHO di seluruh dunia diminta merunut virus SARS-CoV-2 dan berbagi data urutan internasional, khususnya bagi negara yang melaporkan adanya mutasi virus yang sama.

Teruslah taati Protokol, minum vitamin dan Jaga Makanan agar tidak terpapar Covid-19. Diusahakan keluar rumah seperlunya Agar di tahun 2021 nanti bisa terbebas dari Covid-19.

Penulis: Dewi Gayatri