Waspada Pungli, Satgas Saber Pungli Kota Bandung Lakukan Ini

Ilustrasi Saber Pungli

JABARNEWS | BANDUNG – Satuan Tugas Saber Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kota Bandung memanfaatkan lurah, anggota Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) untuk mencegah terjadinya pungutan liar (pungli) di Kota Bandung.

Pasalnya, lurah, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa merupakan aparat yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

“Satbinmas Polrestabes Bandung bersama 151 Bhabinkamtibmas, lurah dan Babinsa selalu memberikan penyuluhan kepada warga Bandung,” kata Perwakilan Pokja Pencegahan Saber Pungli Kota Bandung, Murdiani Nurindah.

Murdiani menjelaskan, Satgas Saber Pungli mempunyai tugas mencegah dan memberantas pungutan liar secara efektif dan efisien dengan mengoptimalkan pemanfaatan personil, satuan kerja, dan sarana prasarana, baik yang berada di kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah.

“Latar belakang berdirinya Satgas Saber Pungli, yang didasari Nawacita 9 agenda prioritas Presidan Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dirumuskan sebagai jalan perubahan menuju indonesia yang berdaulat secara politik, mandiri dalam bidang ekonomi dan berkepribadian,” jelas Nurindah.