• Kamis, 21 Oktober 2021

Soal Keterbukaan Informasi Publik di Jabar, Setiawan Wangsaatmaja Bilang Begini

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 11:25 WIB
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jabar Setiawan Wangsaatmaja.  (Biro Adpim Jabar)
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jabar Setiawan Wangsaatmaja. (Biro Adpim Jabar)

JABARNEWS | BANDUNG - Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) berkomitmen untuk terus mengimplementasikan keterbukaan informasi publik (KIP).

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jabar Setiawan Wangsaatmaja mengatakan untuk mendukung hal tersebut, sejumlah program dan aplikasi pun diluncurkan sebagai wujud komitmen tersebut.

Menurut Setiawan Wangsaatmaja, Pemda Provinsi Jabar sudah membangun ekosistem data yang terintegrasi dengan menggagas Ekosistem Data Jabar. Dalam Ekosistem Data Jabar, terdapat tiga portal bernama Open Data Jabar, Satu Data Jabar, dan Satu Peta Jabar.

Baca Juga: Soal Keterbukaan Informasi Publik di Jabar, Setiawan Wangsaatmaja Bilang Begini

Open Data Jabar menyajikan data yang bersifat publik dan dapat diakses oleh masyarakat dan data yang disajikan bersifat publik. Sedangkan Satu Data Jabar menjadi portal berbagi pakai data antarperangkat daerah di Pemda Provinsi Jabar. Ada data yang dikecualikan, data publik, dan data internal.

Sementara Satu Peta Jabar menjadi portal berbagi pakai data yang berisi data-data geospasial atau berupa peta. Pengkategorian data publik, data internal, dan data dikecualikan, disusun berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). 

“Jadi, kita lebih sistematis (dalam hal KIP), kurang lebih seperti itu,” kata Setiawan Wangsaatmaja saat memaparkan program-program unggulan Pemda Provinsi Jabar dalam Penilaian dan Monev KIP Tahun 2021 di Jabar Command Center, Kota Bandung, Senin 11 Oktober 2021.

Baca Juga: Perkembangan RSUD Al-Ihsan Berkembang Pesat, Ini Kata DPRD Jabar

Selain itu, Setiawan Wangsaatmaja menilai, Pemda Provinsi Jabar meluncurkan Pikobar untuk menjadi sumber informasi penanganan Covid-19 di Jabar. Pikobar juga memiliki sejumlah fitur yang dapat memudahkan masyarakat mendapatkan informasi dan berkomunikasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 Jabar.

Adapun fitur unggulan yang banyak digunakan warga antara lain fitur data informasi kasus di Jabar, nasional, dan dunia, cek sebaran kasus, dan periksa mandiri. Selain itu, Pikobar pun mempunyai fitur anti hoaks atau berita bohong dan Konsultasi Jiwa Online (KJOL yang dibaca Kajol).

Halaman:

Editor: Rian Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X